Selasa, 15 Jan 2019 18:07 WIB

Vendor Ponsel China Pecat CEO Karena Kurang Jago

Rachmatunnisa - detikInet
Ponsel Coolpad. Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan
Jakarta - Pembesut smartphone asal China Coolpad mencopot Jiang Chao dari jabatan sebagai Chief Executive Officer (CEO) perusahaan mereka.

Informasi ini bersumber dari dokumen yang diserahkan Coolpad ke Bursa Saham Hong Kong dan dilakukan dalam rangka perombakan kepemimpinan di perusahaan mereka.

Jiang juga dicoret dari perannya sebagai Chief Executive Director dan Vice-Chairman, juga dari tugasnya di Dewan Komite. Diduga alasannya karena dia dianggap kurang jago dalam memperbaiki nasib Coolpad di pasar ponsel.



Coolpad memulai debutnya di Hong Kong pada 2016, namun sahamnya ditangguhkan pada Maret 2017.

Dikutip dari Tech Node, Selasa (15/1/2019), hal ini memperlihatkan semakin sulitnya bagi vendor ponsel yang lebih kecil untuk bertahan di negaranya sendiri yang pangsa pasar ponselnya sangat sengit.

Xiaomi, Huawei, OPPO dan beberapa merek lainnya mendominasi pasar China. Perusahaan seperti Coolpad dan Gionee mengalami penurunan pengapalan sangat signifikan dalam dua tahun.

Gionee bahkan harus berakhir tragis karena bos mereka terlibat hutang sangat besar karena kencanduan berjudi.



Di 2018, 'saudara' Coolpad yang bernama LeEco juga harus gulung tikar. LeEeco yang semula dijadwalkan merilis smartphone terbaru, akhirnya harus menyerah dan menjual porsi saham perusahaan mereka secara signifikan. (rns/fyk)