Kamis, 10 Jan 2019 18:45 WIB

Bukalapak Kini Punya Dua Tujuan Utama, Decacorn Tak Termasuk

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Indonesia saat ini telah memiliki empat startup unicorn, yang memiliki valuasi sebesar USD 1 miliar (Rp 14 triliun). Keempat startup tersebut adalah Go-Jek, Bukalapak, Tokopedia, dan Traveloka.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara telah memperkirakan bahwa tahun ini Indonesia akan memiliki dua decacorn. Decacorn adalah startup dengan valuasi sebesar USD 10 miliar (Rp 140 triliun).




Lantas, apakah Bukalapak sudah bersiap untuk menjadi startup decacorn? Menurut Pendiri dan Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid, saat ini hal tersebut bukan menjadi fokus mereka.

"Kita pengennya Bukalapak terus berkembang. Tapi menurut saya yang namanya decacorn unicorn itu adalah bukan sesuatu yang kita cari sebagai tujuan utama," ujar Fajrin saat ditemui seusai konferensi pers HUT Ke-9 Bukalapak, di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Kamis (10/1/2019).

"Tujuan utama Bukalapak terdekat adalah bagaimana Bukalapak bisa terus berkembang dan bisa memajukan UKM di Indonesia," sambungnya.




Fajrin menjelaskan, saat ini secara internal Bukalapak lebih memiliki target spesifik seperti jumlah transaksi dan jumlah pelapak. Menurutnya, pada akhirnya nanti valuasi akan muncul sebagai hasil dari meningkatnya target-target tersebut.

Tonton video: Go-Jek Ditolak Filipina, Menkominfo Ambil Langkah

[Gambas:Video 20detik]



Selain itu, ia mengatakan bahwa ada banyak faktor eksternal yang mempengaruhi valuasi, sehingga prioritas Bukalapak adalah dengan fokus pada faktor internal.

"Karena kalau kita ngomong valuasi itu kan dipengaruhi juga oleh kondisi ekonomi dan lain sebagainya. Jadi kita nggak mau bergantung terlalu banyak dengan kondisi eksternal," pungkasnya.


(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed