Selasa, 08 Jan 2019 15:19 WIB

Bhinneka Sudah Sangat Siap IPO, tapi...

Josina - detikInet
Bhinneka bukan cuma sudah punya rencana IPO melainkan juga siap melakukannya, walaupun belum tahun ini. (Foto: Josina/detikINET) Bhinneka bukan cuma sudah punya rencana IPO melainkan juga siap melakukannya, walaupun belum tahun ini. (Foto: Josina/detikINET)
Jakarta - Salah satu pelopor e-commerce lokal, Bhinneka.com, rupanya sudah punya rencana melantai di bursa lewat aksi penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO). Mereka pun sudah siap IPO. Tapi hal itu setidaknya belum akan terjadi tahun ini. Kenapa?

Hal tersebut diungkap oleh CEO & Founder Bhinneka Hendrik Tio dalam acara di Jakarta, Selasa (8/1/2019). Menurutnya, Bhinneka bahkan sudah mendaftar ke Bursa Efek Indonesia dan memenuhi persyaratan untuk melakukan IPO.

"Tahun lalu kita sudah mendaftar ke IDX bahkan sudah disetujuin. Istilahnya sudah lolos uji coba, ya. Jadi sebenarnya kita sudah sangat siap untuk go public tapi kita sedang lihat momentumnya," ujar Hendrik.

Menunggu momentum yang pas tersebut erat pula kaitannya dengan adanya Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun ini. Maka 2019 pun dianggap kurang pas untuk mulai melantai di bursa.




"Kalau tahun ini kayaknya masih tahun politik ya. Sepertinya bukan waktu yang tepat untuk go public. Mungkin 2-3 tahun ke depan," ucap Hendrik.

"Secara finansial dan persyaratan sudah sangat siap. Cuma kita melihat market saat ini masih tahun politik, jadi bukan tahun ini," imbuhnya.

Saat ini Bhinneka memiliki unit bisnis Bhinneka.com (Business to Consumer/B2C), Bhinneka Bisnis (Business to Business/B2B dan Business to Government/B2G), dan Bhinneka Digital Printing Solutions (DPS).

Untuk segmen retail, Bhinneka terus mengembangkan diri sebagai layanan omnichannel yang menghadirkan pengalaman belanja terintegrasi secara online maupun offline. Itu menjadi salah satu alasan Bhinneka juga berencana menambah toko offline.


(jsn/krs)