Jumat, 28 Des 2018 20:47 WIB

Tahun Depan Apple Akan Produksi iPhone XS cs di India

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Tatyana Makeyeva/Reuters Foto: Tatyana Makeyeva/Reuters
Jakarta - Apple kabarnya akan mulai memproduksi lini smartphone flagshipnya di India melalui perusahaan kontraktor Foxconn pada awal tahun 2019. Ini merupakan pertama kalinya seri iPhone X, yang tergolong paling mahal termasuk iPhone X, XS, XS Max, dan XR, bakal dibuat di India.

Dilansir detikINET dari Reuters, Jumat (28/12/2018), proses manufaktur akan dilakukan di pabrik Foxconn yang berada di kota Sriperumbudur di provinsi Tamil Nadu, India. Foxconn bakal menginvestasikan 25 miliar Rupee (Rp 5,2 triliun) untuk memperbesar pabriknya, termasuk investasi untuk produksi iPhone.




Menteri Perindustrian Tamil Nadu, M.C Sampath mengatakan bahwa investasi ini akan menciptakan 25.000 lapangan kerja di provinsi tersebut. Foxconn sendiri sebelumnya telah merakit smartphone Xiaomi di pabrik ini.

Belum diketahui apakah perakitan ini dipindahkan dari pabrik Foxconn yang telah beroperasi di China. Tidak diketahui juga apakah produksi di India ini hanya sebatas perakitan atau juga termasuk produksi komponen.

Keputusan ini tampaknya merupakan upaya Apple dan Foxconn untuk mengantisipasi jika perang dagang antara China dan AS semakin memanas dan akan berimbas kepada harga iPhone.




Selain itu, langkah ini juga akan semakin memantapkan kehadiran Apple di India, di mana selama ini mereka selalu kalah dengan smartphone buatan vendor China yang jauh lebih murah.

Apple hingga saat ini hanya pernah merakit model iPhone yang lebih terjangkau di Bengaluru, India, seperti iPhone SE dan 6S lewat kontraktor Wistron Corp.

Penjualan iPhone di India juga lebih difokuskan kepada model iPhone yang sudah cukup lawas. Seperti tahun lalu di mana penjualan iPhone didominasi oleh model yang lebih tua dari iPhone 8.


(vim/krs)