Sabtu, 22 Des 2018 21:33 WIB

Telkomsigma Raih Sertifikat Internasional Data Center

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Telkomsigma Foto: Telkomsigma
Jakarta - Telkomsigma memperkuat layanan data center setelah berhasil meraih Sertifikat Uptime Institute Tier IV Construction Facilities yang pertama di Indonesia.

Sertifikat itu berhasil diperoleh karena keberadaan data center yang dilengkapi jalur distribusi ganda untuk pasokan listrik dan sistem pendingin yang selalu aktif dan berfungsi, sehingga menjamin keberlangsungan operasional layanan.

Capaian tersebut melengkapi perolehan Sertifikat Tier IV Certification of Design Documents, serta berhasil memperoleh sertifikasi Tier III Certification of Operational Sustainability tingkat gold pertama di ASEAN yang diperoleh sebelumnya.



Nilai tambah tersebut dapat dinikmati oleh para klien data center Telkomsigma yang telah berstandar Tier IV. Terlebih pula, dengan standar ini semua perangkat data center tidak akan terpengaruh oleh downtime yang terjadi saat perawatan berkala, karena telah didukung oleh perangkat backup yang mampu bekerja secara otomatis dan sistem pendingin yang juga mampu bekerja tanpa henti.

"Telkomsigma adalah yang pertama di Indonesia yang meraih tingkat Sertifikasi Tier ini, dan kami ikut bangga kepada Telkomsigma atas perhatian besar mereka dalam meningkatkan kualitas dan tujuan dalam menyediakan nilai yang luar biasa untuk klien-kliennya," ujar Phil Collerton, Chief Revenue Officer for Uptime Institute.

"Dengan diperolehnya Tier IV Construction Facilities dari Uptime Institute, semakin membuktikan bahwa layanan data center Telkomsigma sudah sesuai dengan standar Data Center Tier berkelas internasional," ujar CEO Telkomsigma, Iskriono Windiarjanto dalam siaran persnya, Jumat (21/12/2018).



Diperolehnya Sertifikat Uptime Institute Tier IV Construction Facilities membuktikan bahwa fasilitas yang disediakan Telkomsigma secara struktur dan infrastruktur telah dikategorikan sesuai oleh tim auditor.

"Yang mana standar fasilitas yang ditetapkan oleh Uptime ini telah menjadi acuan bagi penyelenggara layanan data center di seluruh dunia," sambungnya.

Di Asia Tenggara, Telkomsigma telah mendapatkan pengakuan dari Uptime Institute sebagai Data Center pertama yang menerima sertifikasi Tier III Certification of Operational Sustainability dengan tingkat Gold. Telkomsigma mengklaim menjadi satu-satunya data center yang memiliki sertifikasi ini di ASEAN, bahkan di Singapura belum ada penyedia data center yang memiliki sertifikasi tersebut.

Telkomsigma Raih Sertifikat Internasional Data CenterFoto: Telkomsigma


Sertifikasi ini telah memperkuat kapabilitas data center Telkomsigma, membantu meningkatkan resiliensi, menjaga fungsionalitas Teknologi Informasi dan mendukung operasional yang efektif. Proses sertifikasi Tier telah memastikan seluruh operasional berjalan selaras dengan tujuan usaha dari organisasi dan ekspektasi ketersediaan.

Telkomsigma dipastikan berkomitmen dalam mendukung kebutuhan solusi ICT di era Revolusi Industri 4.0 ini, dan juga berkembangnya teknologi Edge Computing untuk kemajuan dunia usaha di Indonesia.

Sebagai The Preferred Digital Partner, Telkomsigma bangga akan keberhasilannya yang telah mengukuhkan prestasinya sebagai perusahaan penyedia solusi ICT terdepan dan terbaik di Indonesia.



"Melalui sertifikasi ini, kami berharap Telkomsigma akan terus menjadi perusahaan terpilih bagi mereka yang membutuhkan data center yang paling handal dan aman di Indonesia. Kami di Telkomsigma tidak akan pernah berhenti meningkatkan kemampuan diri dengan tujuan untuk menyediakan layanan terbaik bagi klien kami," tuturnya.

Uptime Institute adalah organisasi yang memberikan sertifikasi dengan sistem tier-ing, di mana standar yang ditetapkan oleh Uptime ini menjadi standar bagi pelaku bisnis data center di seluruh dunia. Mereka merupakan lembaga standardisasi pertama yang mendefinisikan konsep Data Center Tier, sebagai acuan badan standarisasi lain seperti Telecommunications Industry Association.

Uptime membagi sertifikasi Data Center tersebut menjadi 3 tahapan yaitu Tier Certification of Design Documents (TCDD), Tier Certification of Construction Facilities (TCCF) dan Tier Certification of Operational Sustainability (TCOS). (agt/asj)