Jumat, 21 Des 2018 15:00 WIB

Facebook Kabarnya Garap Cryptocurrency buat WhatsApp, Tujuannya?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Alexander Koerner/Getty Images Foto: Alexander Koerner/Getty Images
Jakarta - Facebook kabarnya sedang menggarap cryptocurrency, yang kelak memungkinkan pengguna untuk mengirim uang lewat WhatsApp. Berdasarkan informasi yang diperoleh Bloomberg dari sumbernya, layanan ini awalnya akan fokus untuk pasar di India.

Perusahaan yang bermarkas di Menlo Park ini sedang mengembangkan stablecoin, semacam cryptocurrency yang dipatok ke dolar untuk meminimalisir ketidakstabilan nilai mata uang. Facebook sendiri saat ini masih merencanakan beberapa strategi, sehingga diperkirakan peluncuran tidak akan terjadi dalam waktu dekat.




Facebook telah lama diperkirakan akan menjajal bisnis cryptocurrency. Terutama ketika mereka merekrut mantan presiden PayPal, David Marcus, untuk memimpin aplikasi Messenger pada tahun 2014.

Pada bulan Mei tahun ini, Marcus menjadi pemimpin inisiatif blockchain milik Facebook. Facebook juga telah mulai merekrut pegawai dan saat ini telah memiliki 40 pegawai yang bekerja di bawah Marcus.

"Seperti perusahaan lain, Facebook sedang menjajaki berbagai cara untuk memanfaatkan kekuataan teknologi blockchain," kata juru bicara Facebook, seperti dikutip detikINET dari Bloomberg, Jumat (21/12/2018).

"Tim kecil ini sedang menjelajahi berbagai penerapan berbeda. Kami tidak memiliki informasi lebih jauh untuk dibagikan," sambungnya.




Facebook sendiri sepertinya merupakan perusahaan besar pertama yang akan berkecimpung dalam bisnis cryptocurrency walaupun ada perjalanan berat yang menanti.

Stablecoin, yang akan menjadi proyek Facebook, diciptakan untuk membuat mata uang digital yang lebih stabil daripada cryptocurrency seperti bitcoin. Tapi saat ini banyak startup stablecoin yang layu sebelum berkembang.

Selain itu, hubungan Facebook dengan India juga sedang tidak harmonis. Salah satunya dikarenakan insiden penyebaran berita palsu lewat WhatsApp yang berujung sejumlah aksi kekerasan di negara tersebut.


Simak juga video '6 Program Facebook untuk Tangkal Hoax di Pemilu 2019':

[Gambas:Video 20detik]

Facebook Kabarnya Garap Cryptocurrency buat WhatsApp, Tujuannya?
(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed