Senin, 17 Des 2018 16:55 WIB

Kata Traveloka Soal Kabar Akuisisi Pegipegi Ratusan Miliar

Adi Fida Rahman - detikInet
Aplikasi Traveloka. Foto: Traveloka Aplikasi Traveloka. Foto: Traveloka
Jakarta - Traveloka dikabarkan mengakuisisi tiga perusahaan agen perjalanan online di Asia Tenggara, salah satunya Pegipegi. Lantas bagaimana tanggapan perusahaan yang dikomandoi Ferry Unardi terkait kabar ini?

detikINET coba mengonfirmasi kabar akuisisi ini. Sayangnya pihak Traveloka masih enggan mengomentari hal tersebut.


"Terima kasih atas pertanyaannya. Namun kami tidak bisa berkomentar terhadap rumor atau spekulasi di market," demikian kata Busyra Oryza, PR Manager Traveloka saat dihubungi detikINET, Senin (17/12/2018).

Sebelumnya dikabarkan Traveloka mengakuisisi tiga perusahaan agen perjalanan online di Asia Tenggara, di mana satu di antaranya merupakan pesaing mereka di Indonesia, yaitu Pegipegi.

Sementara itu, dua perusahaan lainnya yang dibeli Traveloka adalah Mytour yang berasal dari Vietnam dan TravelBook yang berbasis di Filipina.

Traveloka Enggan Komentari Kabar Akusisi PegipegiPegipegi dikabarkan diakusisi Traveloka. Foto: Shinta/detikTravel


Seperti diberitakan Tech in Asia, Senin (17/12/2018), Traveloka mengakuisisi ketiga perusahaan tersebut melalui perusahaan Jet Tech Innovation Ventures Pte Ltd yang terdaftar di Singapura, dengan mahar mencapai USD 66,8 juta atau sekitar Rp 968,6 miliar (kurs Rp 14.500 per dolar AS).

Sebelum berpindah ke tangan Jet Tech Innovation Ventures Pte Ltd, ketiga perusahaan tersebut diketahui berada di bawah naungan perusahaan asal Jepang, Recruit Holdings.

Jet Tech memiliki keterkaitan dengan Traveloka. Itu bisa dilihat dari Direktur Jet Tech Hendrik Susanto juga memegang posisi Chief Strategy and Investment Officer Traveloka. Bahkan, kedua perusahaan ini kantornya beralamatkan sama di Singapura.

Selain itu, berdasarkan pencarian di LinkedIn, mengungkapkan CEO Pegipegi Kevin Sandjaja dan Head of Marketing Serlina Wijaya merupakan mantan pegawai dari Traveloka.

Oktober lalu, Bloomberg melaporkan bahwa Traveloka mengumpulkan pendanaan baru senilai USD 400 juta. Sebelumnya di tahun 2017, perusahaan mengkonfirmasi suntikan dana segar USD 350 juta oleh Expedia setelah juga mendapat USD 500 juta putaran pendanaan oleh East Ventures, Hillhouse Capital Group, JD, dan Sequoia Capital.
(afr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed