Selasa, 11 Des 2018 13:21 WIB

Menerka Para Pemegang Saham Tokopedia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
CEO Tokopedia William Tanuwijaya. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET CEO Tokopedia William Tanuwijaya. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Sebagai salah satu startup unicorn di Indonesia, Tokopedia tentu menjadi perhatian publik. Boleh jadi tak sedikit yang lantas bertanya-tanya soal porsi pemegang saham e-commerce tersebut. Siapa saja?

Sebuah informasi terkait hal itu berasal dari KrAsia, yang mendapat dokumen hukum yang menunjukkan struktur perusahaan, lengkap dengan para pemegang sahamnya. Dari dokumen tersebut terungkap kalau SoftBank adalah penyuntik dana terbesar dalam pendanaan terakhir Tokopedia.

Perusahaan asal Jepang itu menyuntikkan lebih dari USD 3 juta melalui dua sumber dana yang berbeda. Selain SoftBank, ada juga Beenos, Global Opportunity PE Fund, dan TG18 Holdings Limited yang terdaftar dalam investor e-commerce yang identik dengan warna hijau tersebut.

Secara total, SoftBank memegang hampir 40% saham yang dilepas oleh Tokopedia, yang disuntikkan melalui sejumlah sumber dana. Saham terbesar SoftBank di Tokopedia dipegang oleh SVF Investment Limited yaitu 29%, yang terhubung dengan Vision Fund milik SoftBank.




Investor lain yang sahamnya cukup signifikan adalah Alibaba, yang menyuntikkan dana melalui Taobao China Holdings, dengan jumlah saham 25%, dan di bawahnya ada Sequoia yang memegang saham 9,67% melalui dua sumber dana berbeda.

Lalu ada juga dua perusahaan lain dengan nama Radiant Pioneer Limited dan Radiant Trinity Limited yang secara total mempunyai 12,26% saham Tokopedia.

Sementara pemegang saham individual terbesar Tokopedia adalah William Tanuwijaya, CEO sekaligus co-founder Tokopedia yang mempunyai saham 5,6%, dan vice chairman dan juga co-founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison, yang punya saham sekitar 2,3%. Kedua orang ini juga tercatat sebagai ketua dewan direksi Tokopedia, yaitu William sebagai chairman, dan Leontinus sebagai vice chairman.


Namun, susunan dewan direksi Tokopedia berbeda dengan, katakanlah, dewan direksi Go-Jek yang sekaligus diisi oleh rekan CEO Nadiem Makarim. Dewan direksi Tokopedia diisi oleh sejumlah petinggi yang mempunyai hubungan dengan para investor Tokopedia. Mereka antara lain adalah Eun Woo Lee dan Lydia Bly Jett dari SoftBank, Shailendra Singh dari Sequoia Capital India, dan co-founder sekaligus pendiri Alibaba Group Joseph Tsai.

Dewan komisaris Tokopedia sendiri dipimpin oleh mantan managing partner SoftBank Capital Kabir Misra. Demikian dikutip KRAsia yang dikutip detikINET dari Deelstreetasia, Selasa (11/12/2018).


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed