Jumat, 30 Nov 2018 16:45 WIB

Grab Gandeng BNN untuk Cegah Peredaran Narkoba di GrabExpress

Nabilla Nufianty Putri - detikInet
Foto: detikcom Foto: detikcom
Jakarta - Grab saat ini sedang dalam penjajakan kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memberantas peredaran narkoba. Bentuk kolaborasi yang akan dilakukan keduanya yakni soal identifikasi keberadaan barang haram tersebut di layanan kurir (Delivery).

"Kita saat ini sedang melakukan diskusi dengan pihak BNN, bentuknya belum kita lakukan tapi dari segi diskusi kita sudah mulai lakukan. Mungkin hal pertama sebelum kita berbicara masalah itu adalah masalah pengidentifikasian barang untuk yang terindikasi narkoba," ungkap Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, saat peluncuran Roadmap Teknologi Keselamatan di Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Kerja sama pengidentifikasin narkoba ini pun akan dilakukan pada layanan Delivery Grab seperti GrabExpress. Nantinya kurir akan didorong untuk bisa mengetahui pengiriman barang mencurigakan. Namun tak menutup kemungkinan pula nantinya akan ada pemeriksaan tes urin bagi mitra driver.




"Kan kita ada logistik ekspress, GrabExpress, hal pertama yang menjadi prioritas kita adalah bagaimana pengemudi bisa mengidentifikasi barang-barang yang mungkin dicurigai. Bagaimana yang harus dilakukan atau tindakan apa yang harus dilakukan. Kita mungkin ke arah situ dulu sebelum berbicara masalah urin," imbuhnya.

Ia berharap penjajakan kerja sama ini dapat disahkan di akhir tahun ini.

"Diskusi saat ini sedang kita jajaki. Mudah mudahan sebelum akhir tahun kita sudah melakukan MOU dengan mereka (BNN)," pungkasnya.




Upaya kerja sama yang dilakukan Grab dengan lembaga pemerintah merupakan bagian dari inisiatif lokal dan spesifik yang dilakukan di kawasan Asia Tenggara tenggara seperti Singapura, Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Thailand.

Selain BNN, di Indonesia Grab juga menggandeng Komnas Perempuan untuk keamanan kaum hawa, serta Polda Metro Jaya dalam sosialisasi keamanan berkendara. (prf/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed