Jumat, 30 Nov 2018 12:49 WIB

Begini Peran Grab Dorong Inklusi Keuangan di Indonesia

Robi Setiawan - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Kehadiran layanan Grab di Indonesia diklaim telah mendorong inklusi keuangan dalam negeri. Hal itu di antaranya lewat pembukaan akun bank oleh mitra driver.

"Untuk meningkatkan inklusi finansial, empat tahun terakhir beroperasi di Indonesia kami sudah ciptakan lebih dari 1 juta akun bank," kata Executive Director Grab Indonesia Ongki Kurniawan, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (30/11/2018).

"Pembukaan 1 juta lebih akun bank ini membuat individu di Indonesia ini menjadi terlihat di sektor ekonomi," ujarnya melanjutkan.

Menurutnya, agar meningkatkan inklusi keuangan maka perlu juga mendorong instrumen keuangan yakni dengan meningkatan pendapatan para mitra driver. Dengan begitu mereka pun terdorong untuk menggunakan instrumen keuangan.




"Jika Anda ingin dorong peningkatan inklusi keuangan, dorong penggunaan instrumen keuangan. Kami mendorong peningkatan pendapatan mereka dari sebelumnya. Jika pendapatan lebih banyak, manfaat lebih banyak, ada urgensi untuk menggunakan instrumen keuangan," ucapnya.

Dengan meningkatnya pendapatan driver, minat mereka untuk memiliki rekening bank pun semakin banyak.




"Itu membuat mereka berpikir untuk membuat rekening bank. Mungkin sebelumnya mereka tak memikirkan hal itu," imbuhnya.

Dengan adanya teknologi digital akses layanan keuangan kepada masyarakat pun semakin luas. Hal ini bisa membantu pemerintah untuk meramu instrumen keuangan yang cocok bagi driver.

"Ini semua membuat mereka (mitra) bisa dipelajari tingkah lakunya sehingga dapat menciptakan instrumen keuangan yang cocok, seperti perumahan, asuransi. Mau tak mau ini mendorong inklusi keuangan," pungkasnya.

Begini Peran Grab Dorong Inklusi Keuangan di Indonesia
(prf/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed