Kamis, 08 Nov 2018 21:27 WIB

Saat Blockchain Merambah Sektor Pertanian

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Pundi Foto: Dok. Pundi
Jakarta - Pundi X bekerja sama dengan Hara untuk menyiapkan XPOS, perangkat point of sales (POS) berbasis blockchain, yang akan didistribusikan ke petani di Indonesia.

Alat ini berfungsi untuk memfasilitasi pengumpulan data dan inklusi keuangan yang diawali di seluruh desa di Indonesia. Kemudian perangkat ini akan dikembangkan untuk tujuh negara lain yang juga menjadi target pasarnya.

Pundi X adalah developer aplikasi solusi berbasis teknologi blockchain, sementara Hara adalah perusahaan berfokus pada revolusi pertanian global melalui data. Kedua perusahaan ini akan mengumpulkan data real time dari seluruh rantai pertanian dan pangan di pasar untuk meningkatkan produktivitas, keuntungan, dan mata pencaharian bagi para petani.

Petani dan mitra di lapangan yang lain juga akan diberikan insentif berupa Hara Token karena sudah menyediakan data berupa kondisi ekologi, tanaman, dan kondisi pasar, yang kemudian juga berpotensi untuk dimonetisasi. Nah, XPOS adalah alat yang menjadi jembatan untuk transaksi yang menggunakan Hara Token.

Pada tahun lalu, Hara telah mengumpulkan data pertanian dari sekitar 10.000 petani di seluruh Indonesia, dengan dukungan pemerintah daerah Indonesia dan para pemimpin pemerintah lokal atau bupati.

Data yang terkumpulkan tidak hanya dapat ditukar dengan insentif, tetapi juga dapat dimanfaatkan dengan berfokus pada sumber daya pertanian yang lebih efisien dan menghindari pemborosan. Hal ini secara langsung dapat menguntungkan bagi para petani.

Hara sendiri memprioritaskan tujuh pasar pertanian di Asia Selatan, Asia Tenggara, Amerika Latin, dan Afrika Timur, dengan target hingga 2 juta mitra pengguna.

"Tujuan kami adalah untuk membawa manfaat teknologi blockchain dan pembayaran digital kepada konsumen yang tidak memiliki rekening bank serta meningkatkan inklusi keuangan dan kemandirian, kami bangga XPOS akan segera diluncurkan diantara jaringan mitra pertanian Hara, serta mampu membantu memfasilitasi rencana mereka menjadi lebih baik," ujar Constantin Papadimitriou, Presiden dan Co-Founder Pundi X dalam keterangan pers yang diterima detikINET.

Kemudian, data yang sudah dikumpulkan dapat dimanfaatkan oleh konsumen yang tertarik untuk mengetahui asal usul bahan pangan, perusahaan asuransi yang membutuhkan data mengenai kondisi pasar dan pertanian.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed