Minggu, 14 Okt 2018 15:06 WIB

Jack Ma akan Dirikan Kampus di Indonesia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jack Ma berencana untuk membangun sebuah institusi pendidikan untuk menggembleng para pengusaha bidang teknologi di Indonesia. Foto: Rachmatunnisa/detikcom Jack Ma berencana untuk membangun sebuah institusi pendidikan untuk menggembleng para pengusaha bidang teknologi di Indonesia. Foto: Rachmatunnisa/detikcom
Jakarta - Jack Ma sepertinya akan menepati janjinya untuk membantu mengembangkan sumber daya manusia di Indonesia. Pria bernama asli Ma Yun dikabarkan bakal membuka institut yang akan melatih ribuan pengusaha di bidang teknologi di Tanah Air.

Institut yang disebutnya sebagai Jack Ma Institute of Entrepreneur ini bertujuan untuk memberikan pelatihan selama satu tahun kepada 1.000 pengusaha di bidang teknologi di Indonesia. Program tersebut dicanangkan akan dilakukan dalam 10 tahun ke depan.


"Kami memberikan banyak kesempatan bagi anak muda Indonesia untuk belajar," katanya di sela-sela pertemuan IMF dan World Bank, seperti dikutip detikINET dari Reuters, Minggu (14/10/2018).

Institut ini nantinya akan memberikan beberapa pelatihan. Salah satunya adalah soal komputasi cloud kepada pengembang dan teknisi.

Pria kelahiran Hangzhou, China ini sebelumnya telah diminta Presiden Joko Widodo untuk membuka Jack Ma Institute di Indonesia. Hal tersebut disampaikan presiden ke-7 RI saat pendiri Alibaba tengah berkunjung ke Istana Bogor pada awal September lalu.

Saat itu, ia menyambut usulan tersebut dengan baik. Di sisi lain, Menkominfo Rudiantara mengatakan hal ini akan dibahas lagi saat Ma mengunjungi Indonesia pada gelaran pertemuan IMF dan World Bank di Bali.


Chairman Alibaba ini mengatakan pentingnya bagi negara seperti Indonesia untuk berinvestasi dalam sumber daya manusia. Hal tersebut, baginya, merupakan persiapan dalam memasuki era digital.

"Hanya ketika orang-orang berkembang, ketika pikiran orang berubah, ketika keterampilan orang-orang meningkat, baru kita dapat memasuki era digital," pungkasnya. (mon/mon)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed