Ini Wujud Kolaborasi Grab dan Microsoft

Ini Wujud Kolaborasi Grab dan Microsoft

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 09 Okt 2018 10:43 WIB
Grab akan berkolaborasi dengan Microsoft (Foto: Dok. REUTERS/Beawiharta)
Jakarta - Grab dan Microsoft sepakat melakukan kemitraan strategis. Apa saja wujud kolaborasi tersebut?

Microsoft disebut akan menanamkan investasi ke Grab. Namun, tidak disebutkan berapa dana yang akan dikucurkan oleh perusahaan besutan Bill Gates itu.


Sementara Grab akan menggunakan Azure sebagai platform komputasi awan pilihannya, memanfaatkan layanan cloud dan AI milik Microsoft. Langkah ini bagian dari upaya mengembangkan platform Grab secara efisien dan meningkatkan kapasitas serta kemampuannya.

Melalui kolaborasi ini pula, Grab akan menjajaki sejumlah proyek deep technology yang inovatif, yang akan meningkatkan dan mengubah pengalaman pengguna , mitra pengemudi, pemilik toko, dan agen.

Berbagai proyek inovasi khusus tersebut meliputi:

Big data, AI dan machine learning

- Guna meningkatkan keselamatan dan keamanan penumpang serta pengemudi, Grab akan bekerja sama dengan Microsoft untuk menjajaki berbagai mekanisme otentikasi yang baru, seperti mobile facial recognition dengan AI built-in bagi pengemudi dan pelanggan yang memilih cara tersebut. Mekanisme ini akan menggantikan pengecekan ID yang mencocokkan identitas pengemudi dan penumpang sesuai pemesanan.

- Grab akan memanfaatkan layanan data analytics dan deteksi penipuan dari Microsoft Azure agar lebih mudah memprediksi serta mencegah transaksi penipuan di platform Grab.

- Perusahaan berencana memanfaatkan keahlian natural language processing milik Microsoft guna menyediakan terjemahan real-time yang kontekstual bagi pelanggan, serta menciptakan chatbot AI agar pengguna Grab dapat menikmati pengalaman yang interaktif.

- Kemampuan machine learning dan AI milik Microsoft akan digunakan untuk mendukung recommendation engine milik Grab yang mutakhir. Mesin ini mengkaji data dan perilaku pengguna supaya bisa memberikan layanan serta rekomendasi konten sesuai dengan kebutuhan pengguna lewat aplikasi Grab.

- Grab ingin bekerja sama dengan Microsoft untuk mengeksplorasi teknologi image recognition dan computer vision yang akan meningkatkan pengalaman pengguna dan pengemudi saat penjemputan. Misalnya, penumpang dapat mengambil foto lokasi mereka, kemudian foto tersebut diubah menjadi alamat yang jelas untuk pengemudi.

- Untuk meningkatkan pembuatan dan kualitas peta, Grab berencana memanfaatkan kemampuan machine learning milik Microsoft.

Ini Wujud Kolaborasi Grab dan MicrosoftFoto: Grab


Bidang kerja sama lainnya

- Integrasi dengan Microsoft Outlook. Grab akan menyediakan opsi pemesanan transportasi on-demand bagi pengguna Outlook sehingga mereka dapat dengan mudah memesan armada langsung di aplikasi tersebut, serta mendapatkan notifikasi pengingat melalui kalender.

- Microsoft Kaizala. Grab akan menjadi pengguna awal Microsoft Kaizala, aplikasi dan layanan mobile untuk komunikasi kelompok skala besar dan manajemen pekerjaan guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas tim Layanan Konsumen di Grab.



- Berbagai solusi in-car. Kedua perusahaan akan berkolaborasi dalam menghadirkan berbagai solusi in-car entertainment dan produktivitas di seluruh Asia Tenggara.

- Penggabungan rewards. Microsoft akan menggabungkan Microsoft Rewards Gift Cards dengan program loyalitas konsumen Grab Rewards.





Tonton juga 'Inovasi Food Court Online, Grab Hadirkan Layanan Baru':

[Gambas:Video 20detik]

(afr/krs)