Sabtu, 22 Sep 2018 18:42 WIB

WhatsApp dan Facebook Jadi Aplikasi Favorit Pedagang

Josina - detikInet
Ilustrasi Facebook & WhatsApp. (Foto: GettyImages) Ilustrasi Facebook & WhatsApp. (Foto: GettyImages)
Jakarta - Sebuah laporan survei berjudul 'Beyond Networking: Social Commerce as a Driver of Digital Payments' yang dilakukan oleh perusahaan PayPal menjabarkan bahwa situs jejaring sosial Facebook dan layanan perpesanan WhatsApp paling populer untuk dijadikan pedagang sebagai media bisnis online.

Survei ini dilakukan di tujuh pasar di Asia, diantaranya ada negara India, Thailand, Cina, Hongkong, Filipina, Indonesia dan Singapura dengan partisipasi 4000 konsumen dan 1400 pedagang.

India menjadi nomor satu yang paling besar penggunaannya. Disebutkan sekitar 89 persen pedagang di India lebih menyukai Facebook dan 83 persen menggunakan WhatsApp sebagai platform bisnis online-nya.

Sementara 69 persen para pedagang memilih aplikasi Facebook Messenger. Untuk plaftrom Instagram tidak dijelaskan berapa angkanya namun sudah mulai tumbuh penggunaannya.


Selain India, Indonesia dan Filipina juga dilaporkan ada lebih dari 90 persen telah menggunakan Facebook sebagai platform bisnis jual beli online.

"Munculnya ekonomi baru memberi jalan menuju pergeseran besar dalam perdagangan yakni perdangan bisnis online. Kemudahan yang berkembang dalam melakukan perdagangan membuka berbagai peluang ekonomi bagi setiap anggota masyarakat.," Ujar Rohan Mahadevan, Paypal, APAC seperti dilansir detikINET dari Elets Online, Sabtu (22/9/2018).


Lebih lanjut, platform online lainnya yang kerap digunakan untuk memasarkan barang atau jasa produk diantaranya YouTube 64 persen, Twitter 61 persen, Google+ 50% dan LinkedIn 33 persen. (jsn/jsn)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed