Senin, 17 Sep 2018 19:10 WIB

Putra Mahkota Samsung Sambangi Korut, Mau Apa?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Putra mahkota Samsung Jay Y. Lee. Foto: Reuters Putra mahkota Samsung Jay Y. Lee. Foto: Reuters
Seoul - Hubungan antara Korea Selatan dan Korea Utara yang lama berseteru terus menunjukkan tanda-tanda membaik. Bahkan putra mahkota Samsung pun akan berkunjung ke Korut.

Jay Y. Lee, Vice Chairman Samsung yang juga cucu dari pendiri raksasa elektronik itu, Lee Byung Chull, bersama lusinan pemimpin bisnis Korsel akan menemani presiden Korsel Moon Jae in dalam kunjungannya ke Pyongyang hari Selasa waktu setempat.

Dikutip detikINET dari CNN, Moon akan menemui pemimpin Korut, Kom Jong Un. Ini adalah pertama kalinya presiden Korsel berkunjung ke ibukota Korut sejak tahun 2007.




Moon berambisi secara drastis mentransformasi dan menghubungkan ekonomi Korsel dan Korut. Jika berhasil, maka Korsel akan punya jalan menuju benua Asia dengan lebih mudah melalui Korut.

Rencana itu tentu bakal menguntungkan Samsung dan konglomerasi Korsel lainnya. Samsung sendiri selain berbisnis elektronik, seperti diketahui juga menjalankan banyak bisnis lain termasuk konstruksi dan pembuatan kapal.




"Jika Korea Selatan bisa mengambil inisiatif untuk membawa pemimpin chaebol ke Korut, mungkin ini adalah awal yang bagus bagi uang Korsel bergerak ke Pyongyang," kata Steve Chung, pakar Korea di Chinese University of Hong Kong.

Tapi Samsung diragukan mau membuka bisnis di Korut dalam waktu dekat. Selain bos Samsung, turut dalam rombongan itu adalah bos LG dan Hyundai.


(fyk/krs)