Minggu, 26 Agu 2018 17:07 WIB

Begini Capaian Tokopedia Selama 9 Tahun Hadir di Indonesia

Raras Prawitaningrum - detikInet
Foto: Dok Tokopedia Foto: Dok Tokopedia
Jakarta - Tahun ini, Tokopedia resmi menginjak usia yang ke-9 sebagai platform marketplace di Indonesia. Selama 9 tahun berdiri, Tokopedia terus berkomitmen mendukung potensi UMKM di seluruh Indonesia. Bahkan Tokopedia telah menjangkau 93% dari total seluruh kecamatan di Indonesia.

"Saat ini Tokopedia telah menjangkau 93% kecamatan di Indonesia. Pencapaian ini sangat signifikan dalam menuju misi Tokopedia untuk pemerataan ekonomi secara digital," ujar Head of Corporate Communications Tokopedia, Priscilla Anais, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (26/8/2018).

Perjalanan panjang Tokopedia menghasilkan banyak peluang bagi para perintis usaha. Misalnya mereka tak perlu lagi memiliki modal usaha yang besar demi membayar uang sewa. Di Sumatera Utara, biaya sewa mencapai Rp 5 juta per bulan. Sementara Kalimantan Rp 9 juta per bulan, Sulawesi Selatan Rp 8 juta per bulan, dan Jakarta Rp 16 juta per bulan.


Melalui Tokopedia, perintis usaha bisa memiliki toko tanpa harus punya toko fisik. Perlu diketahui, 89% sellers di Tokopedia tidak memiliki toko fisik.

Selain itu, Tokopedia juga membantu sellers mendapatkan akses ke modal usaha lewat program bantuan pinjaman UMKM. Tercatat 51% sellers di Tokopedia telah mengalami peningkatan penjualan dengan bantuan program UMKM Mitra Troopers.

Sementara dari lini produk digital, pengguna Tokopedia bisa memanfaatkan 27 produk digital. Misalnya membayar PBB, BPJS, zakat, hingga melakukan pemesanan tiket kereta api serta tiket pesawat.


Perjalanan Tokopedia selama 9 tahun juga membuat pengalaman belanja makin mudah dan singkat. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mengirim barang dengan layanan instant courier kurang dari 1 jam.

Sejak Tokopedia hadir di Indonesia hingga kini lebih dari 100 juta kilometer jarak yang ditempuh untuk mengirim barang. Jika diakumulasikan, angka tersebut setara dengan lebih dari 11.000 kali bentang Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Sementara kurir yang dipekerjakan mencapai 40.000 orang setiap harinya. (ega/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed