Rabu, 01 Agu 2018 18:43 WIB

Amazon Diprediksi Salip Apple Jadi Perusahaan USD 1 Triliun

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Logo Amazon. Foto: GettyImages Logo Amazon. Foto: GettyImages
Jakarta - Dengan kapitalisasi pasar mencapai USD 954 miliar, Apple menjadi perusahaan yang paling dekat untuk mencapai valuasi USD 1 triliun. Saingan terdekatnya, Amazon, sampai akhir Juli lalu baru mencatatkan market cap pada angka USD 880 miliar.

Walau begitu, para analis dari Bloomberg justru memprediksi jika e-commerce besutan Jeff Bezos tersebut akan memenangkan perlombaan menembus valuasi USD 1 triliun dibanding perusahaan asal Cupertino, California, Amerika Serikat. Lantas, bagaimana mereka bisa membuat prediksi tersebut.


Para analis menggunakan tren pergerakan saham terkini serta konsensus dari target harganya masing-masing. Dari situ, mereka memperkirakan Amazon akan melewati garis finish lebih dahulu dari Apple, sebagaimana detikINET kutip dari Bloomberg, Rabu (1/8/2018).

Proyeksi Valuasi Amazon dan Apple.Proyeksi Valuasi Amazon dan Apple. Foto: Bloomberg

Ini bukan pertama kalinya prediksi analis lebih berpihak ke Amazon ketimbang Apple. Pada Mei lalu, pertumbuhan sahamnya jauh lebih tinggi dibandingkan perusahaan pimpinan Tim Cook itu selama setahun terakhir. Hal ini membuat namanya digadang-gadang mampu menjadi korporasi asal AS pertama dalam menyentuh valuasi USD 1 triliun.

Sampai saat itu, pertumbuhan saham Amazon mencapai 83% berkat Amazon Web Services yang mampu memimpin pasar teknologi cloud. Sedangkan pertumbuhan harga saham Apple dalam 12 bulan terakhir hanya berada di kisaran 24%.

Dengan pertimbangan tersebut, Amazon diperkirakan mampu mencapai milestone tersebut pada Agustus mendatang. Lalu, Apple baru dapat menyusulnya sekitar seminggu kemudian.

Meski begitu, tetap ada catatan khusus dari prediksi analis Bloomberg tersebut. Mereka mengatakan jika produsen iPhone tersebut bisa jadi akan memunculkan kejutan. Hal tersebut bercermin pada melonjaknya nilai saham mereka hingga 4% pasca mengumumkan laporan keuangannya sepanjang Kuartal III Tahun Fiskal 2018.


Selain itu, Ken Berman, CEO sekaligus founder Gorilla Trades, mengatakan Apple akan menjadi perusahaan asal AS pertama dalam sejarah yang akan menyentuh valuasi USD 1 triliun. Setelahnya, baru nama-nama seperti Amazon, Alphabet (induk Google), dan Microsoft akan menyusul dalam waktu yang tak terlalu jauh.

Bagi Berman, laporan keuangan Apple pada Kuartal III Tahun Fiskal 2018 yang mampu mendongkrak nilai sahamnya hingga meningkat lebih dari 4% menjadi alasannya. Berangkat dari situ, ia mengatakan Apple akan melampaui segala prediksi sehingga menjadi perusahaan asal AS pertama yang memiliki valuasi USD 1 triliun. (mon/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed