Kamis, 12 Jul 2018 13:48 WIB

Malaysia Takutkan Monopoli Grab Pasca-akuisisi Uber

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Pemerintah Malaysia sedang meninjau risiko monopoli di pasar ride hailing setelah Uber diakuisisi oleh Grab. Kementerian Transportasi Malaysia berupaya mengatur Grab di bawah regulasi transportasi yang telah ada.

Dalam pernyataannya, Kementerian Transportasi Malaysia mengatakan bahwa tinjauan akan risiko monopoli ini akan dilakukan oleh Malaysia Competition Commision.

Kementerian Transportasi juga mengatakan bahwa mereka menerima banyak laporan terkait Grab yang menaikkan harga layanannya sejak Uber tidak lagi beroperasi di Malaysia.



Bisnis ride hailing di Malaysia juga akan mulai diregulasi oleh pemerintah pada pekan ini. Hal ini akan menempatkan bisnis ride hailing di bawah regulasi yang sama dengan bisnis taksi konvensional.

"Apa yang diwajibkan kepada pengemudi taksi juga akan diwajibkan kepada pengemudi e-hailing, untuk mendapatkan kartu pengemudi," kata Menteri Transportasi Malaysia, Anthony Loke, seperti dikutip detikINET dari Reuters, Kamis (12/7/2018).

Dengan adanya regulasi ini, pengemudi taksi online akan diharuskan melakukan check-up kesehatan, inspeksi mobil, dan juga mendapatkan izin.

Pemerintah Malaysia memberi moratorium satu tahun untuk pengemudi taksi online memenuhi persyaratan tersebut.



"Kami tahu ini bukan langkah yang akan memuaskan semua pihak, tetapi kami mengambil pendekatan yang seimbang yang dapat meregulasi e-hailing dan menciptakan kompetisi yang seimbang antara pengemudi e-hailing dan taksi," ujar Loke.

Malaysia bukan satu-satunya yang menyatakan kekhawatiran akan monopoli Grab setelah membeli Uber. Sebelumnya, Singapura, Vietnam dan Filipina pun menyoroti hal serupa. Filipina bahkan meminta Go-Jek untuk masuk ke negaranya guna menyeimbangkan persaingan pasar.


Tonton juga video: 'Soal Ekspansi Gojek, Ini Tanggapan Bos Grab'

[Gambas:Video 20detik]



(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • photo 10 Ponsel Unik Android

    10 Ponsel Unik Android

    Senin, 24 Sep 2018 12:45 WIB
    Di tengah momen ultah ke-10 Android sebagai sistem operasi komersial, berikut 10 ponsel unik yang tercatat menggunakan OS itu, seperti dirangkum Android Police.
  • Kisah Bapak Android Dimaki-maki Steve Jobs

    Kisah Bapak Android Dimaki-maki Steve Jobs

    Senin, 24 Sep 2018 12:41 WIB
    Kecaman Jobs pada Android dan pendirinya diulas dalam buku Fred Vogelstein berjudul 'Dogfight: How Apple And Google Went To War And Started a Revolution'.
  • Ponsel Pertama Android Cuma Punya RAM 192 MB

    Ponsel Pertama Android Cuma Punya RAM 192 MB

    Senin, 24 Sep 2018 12:00 WIB
    Ponsel pertama Android adalah HTC G1 atau sering disebut HTC Dream. Ia diperkenalkan pertama kali pada awal tahun 2008 dan dijual menjelang akhir tahun itu.
  • Selamat Ulang Tahun Android!! 20Detik

    Selamat Ulang Tahun Android!!

    Senin, 24 Sep 2018 11:47 WIB
    Sistem operasi Android memasuki usia ke-10 tahun pada 23 September. Wah, selamat ulang tahun ya sistem operasi besutan Google!
  • Android dari Masa ke Masa

    Android dari Masa ke Masa

    Senin, 24 Sep 2018 11:25 WIB
    Android kini berusia 10 tahun, sejak versi komersial pertamanya diluncurkan pada September 2008. Yuk simak perjalanan berbagai versi Android dari masa ke masa.