Senin, 09 Jul 2018 19:26 WIB

Lei Jun Pernah Dianggap Gila Membuat Xiaomi

Adi Fida Rahman - detikInet
Lei Jun. Foto: Reuters Lei Jun. Foto: Reuters
Jakarta - Saat meresmikan kehadiran Xiaomi di bursa saham Hong Kong, pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun bercerita perjalanan panjang perusahaannya. Dia sempat bilang banyak pihak menganggap dirinya gila kala mendirikan Xiaomi.

Delapan tahun lalu, Lei Jun punya ide ingin menggunakan internet untuk membuat ponsel dan meningkatkan persepsi produk buatan China di mata global. Selain itu dia ingin semua orang di dunia bisa menikmati inovasi teknologi.



"Sejujurnya, hampir tidak ada yang percaya pada ide gila ini pada saat itu. Untungnya perusahaan ini menjalankan bisnisnya di hari pertama, kami punya 13 orang yang percaya pada mimpi ini dan datang bersama untuk minum bubur millet (di China disebut bubur Xiaomi)," kata Lei Jun.

"Saya tidak tahu apakah mereka benar-benar percaya pada saat itu. Hari ini, mereka semua ada di sini bersama kami, jadi Anda bisa bertanya langsung kepada mereka," lanjutnya.

Alumnus Wuhan University ini mengatakan sejak hari pertama didirikan, inovasi telah menjadi bagian integral dari DNA Xiaomi. Namun inovasi tidak pernah mudah didapat. Setiap inovasi membutuhkan investasi besar dalam upaya, serta mengatasi banyak kemunduran, kesalahpahaman, dan kritik.

Lei Jun Pernah Dianggap Gila Membuat XiaomiFoto: Reuters


"Semakin kami memahami hal ini, semakin banyak berkah kami dapatkan. Kami berterima kasih atas pengertian, kepercayaan, dorongan, dan dukungan semua orang!" ujar Lei Jun.

Dalam kesempatan tersebut bos Xiaomi itu mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para investor, di antaranya Li Ka-Shing (orang terkaya di Hong Kong), Jack Ma (pendiri Alibaba), Pony Ma (pendiri dan CEO Tencent) dan lain-lain. Juga seluruh pengguna Xiaomi.

"Awalnya kami hanya memiliki 100 pengguna. Kini berkembang selangkah demi selangkah, dan sekarang kami memiliki lebih dari 190 juta pengguna aktif bulanan," klaim pria berusia 48 tahun itu.



Lebih lanjut Lei Jun mengatakan cara terbaik untuk mengungkapkan rasa terima kasih adalah terus berusaha keras. Untuk Mi Fans, Xiaomi berkomitmen terus membuat produk inovatif. Sementara untuk investor, Xiaomi berusaha meningkatkan kinerja perusahaannya.

"Kami mulai berdagang (di bursa saham Hongkong), dan ini akan menjadi awal yang baru untuk Xiaomi," pungkas Lei Jun. (afr/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed