Rabu, 27 Jun 2018 19:34 WIB

Pendiri Apple Ingatkan Dampak Bitcoin Cs

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Steve Wozniak boleh jadi merupakan salah satu pendukung keberadaan Bitcoin. Namun, justru ia memiliki pandangan sebaliknya terkait blockchain.

Menurut salah satu pendiri Apple ini, tren yang mengelilingi blockchain serupa dengan yang ia lihat di era dotcom, masa ketika banyak perusahaan gulung tikar dengan cepat.

"Masa itu mengalami bubble (gelembung) dan saya merasakan hal yang sama dengan blockchain," kata Wozniak saat berbicara di konferensi teknologi NEX di New York, seperti dikutip detikINET dari CNBC, Rabu (27/6/2018).


Ketika itu, Wozniak mengingatkan audiens bahwa banyak dari perusahaan teknologi yang menjanjikan mengubah kehidupan di internet. Namun sayangnya, mereka malah bangkrut.

Meski demikian, ia tetap mengakui bahwa teknologi blockchain memiliki potensi besar, karena teknologi tersebut terdesentralisasi dan sangat terpercaya. Dan seperti internet, blockchain bisa membutuhkan waktu cukup lama untuk mengikuti hype-nya.

"Itu tidak berubah dalam sehari, banyak ide blockchain yang sangat bagus dengan keluar lebih awal, mereka dapat membakar dirinya dengan tidak mempersiapkan diri untuk menjadi stabil dalam jangka panjang," ucap Wozniak.

Wozniak kemudian memuji Ethereum yang dianggap memiliki potensi untuk melewati hype-nya karena penggunaannya dan kemampuan yang dimiliki programer untuk membangun proyek mereka yang terkait. Perusahaan seperti Microsoft dan J.P. Morgan saat ini sedang mengembangkan kegunaan blockchain Ethereum.



Wozniak yang merupakan salah satu pendukung vokal adanya Bitcoin, menyebut bahwa Bitcoin luar biasa, meski nilainya turun hingga 50% di tahun ini.

Pria berusia 67 tahun itu juga menimbang ide menggunakan blockchain untuk media sosial dan sebagai kompetitor Facebook. Menurutnya, Facebook saat ini menjalankan monopoli dan dalam posisi yang mudah digoyahkan. (agt/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed