Kamis, 21 Jun 2018 17:12 WIB

Instagram Tembus 1 Miliar, Facebook Berburu Pengiklan

Josina - detikInet
Foto: unsplash Foto: unsplash
Jakarta - Pertumbuhan Instagram begitu pesat, sejak diluncurkan pada tahun 2010 pengguna Instagram di seluruh dunia terus mengalami peningkatan pada bulan September 2017 pengguna telah mencapai 800 juta.

Kini Instagram telah mengumumkan bawah layanan berbagi fotonya tersebut telah memiliki 1 miliar pengguna aktif tiap bulannya.

Dilansir detikINET dari Phone Arena, Kamis (21/6/2018) tingkat pertumubhan aplikasi ini mendekati 5% per kuartal sehingga membuat pesaingnya seperti Snapchat bahkan Facebook sebagai induk perusahaannya menjadi kecil.


Dari jumlah pengguna harian Snapchat dilaporkan mengalami pertumbuhan sebesar 2,13% di quartal pertama yakni mencapai 191 juta pengguna.

Sedangkan Facebook mengalami pertumbuhan perbulannya sebesar 3,4% dengan jumlah pengguna aktif bulanan 2,196 miliar.

Demikian Facebook tidak melaporkan angka penadapatan keuangan Instagram secara terpisah, eMarketer memperkirakan bahwa jejaring sosial milik Mark Zuckerberg ini akan menghasilkan pendapatan sebesar USD 5,48 miliar atau sekitar Rp 76,1 triliun dari iklan di Amerika Serikat pada tahun ini, meningkat sebesar 70 persen dari tahun 2017.

Untuk pendapatkan iklan dari seluler Instagram dilaporkan telah memberikan kontribusisebesar 28,2 kepada Facebook.

Pencapaian 1 miliar pengguna aktif bulanan ini dinilai akan membantu Instagram dan Facebook dalam mendapatkan pengiklan makin banyak yakni dengan dua cara.


Pertama, dengan jumlah pengguna Instagram yang saat ini memungkinkan dapat menarik perhatian lebih banyak pengiklan yang ingin menjangkau pengguna dalam jumlah lebih besar.

Kedua, Instagram dan Facebook dapat membebankan biaya lebih besar kepada pengiklan.

"Instagram sekarang adalah komunitas global dengan satu miliar pengguna. Sejak peluncuran kami pada tahun 2010, kami menyaksikan dengan takjub ketika komunitas telah berkembang dan berkembang. Ini adalah pencapaian besar" ujar Kevin Systrom, pendiri dan CEO Instagram. (jsn/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed