BERITA TERBARU
Rabu, 06 Jun 2018 20:55 WIB

Alfacart Genjot Bisnis Toko Kelontong Online

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Bisnis berbasis online kian diminati di Indonesia, seiring berjalannya waktu. Tak heran, berbondong-bondong perusahaan yang dulunya bergerak di ranah konvensional (offline) mulai melirik bisnis online, tak ketinggalan Alfacart.com.

Lama tak terdengar gaungnya, perusahaan e-commerce milik Alafamart ini mengaku semakin serius dalam menggarap pasar kebutuhan sehari-hari (grocery) secara online. Agar tujuannya itu bisa berjalan mulus, Alfacart pun menggandeng beberapa e-commerce besar di Indonesia.

Seperti diterangkan oleh Direktur Alfacart.com Bambang Setiawan Djojo, Alfacart tidak lagi berkompetisi di ranah e-commerce, tapi memperbesar kolaborasi dengan semua e-commerce, seperti misalnya Lazada, BukaLapak, dan lainnya. Alfacart pun disebut fokus menjadi agregator bagi e-commerce lain untuk produk grocery.


"Produk kebutuhan sehari-hari mulai banyak dicari secara online. Pasarnya ada dan akan semakin besar dengan melihat tren belanja masyarakat usia produktif sekarang ini yang memilih cara termudah, apapun tinggal pesan secara online," ujar Bambang di Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Bisnis e-commerce sendiri disebut mengalami perubahan, yang tadinya fokus menjual produk gaya, gadget, dan elektronik, mulai melirik pasar produk kebutuhan sehari-hari. Menurut Bambang, para perusahaan ritel ini melihat adanya potensi di sana.

"Ada potensi. Namun, tidak mudah menyediakan produk tersebut dengan lengkap dari beragam brand tanpa didukung jaringan yang luas. Karena produk kebutuhan sehari-hari, FMCG (Fast-Moving Consumer Goods) itu marginnya kecil," paparnya.

Gandeng e-Commerce, Alfacart Genjot Bisnis Grocery OnlineFoto: istimewa

Data Nielsen tahun 2017 menunjukan FMCGonline secara global bertumbuh lima kali lebih cepat dari offline FMCG, yakni sebesar 22,2% dibandingkan dengan FMCG offline yang tumbuh hanya 4,2%.

Bambang pun menyebut jika kolaborasi Alfacart dengan e-commerce lainnya diharapkan dapat menumbuhkan pasar grocery online di Indonesia yang belum sebesar negara di Asia lainnya. Untuk kolaborasi ini, Alfacart tidak hanya bertindak sebagai pemasok produk, tapi juga dukungan dari sisi logistik.

"Kami membuka akses bagi semua e-commerce untuk bisa melakukan pengiriman atau logistik dari e-commerce melalui jaringan toko Alfamart," pungkasnya.

(mag/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed