Sabtu, 02 Jun 2018 13:00 WIB

Google Menyerah di Bisnis Tablet?

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Google sepertinya memberi sinyal menyerah dari bisnis tablet. Pasalnya mereka baru saja menghapus bagian tablet di situs resmi Android.

Adalah laman Android Police yang mendapati hilangnya bagian tablet di situs Android pada Jumat (1/6/2018). Padahal di hari sebelumnya mereka masih mendapati bagian tersebut.

Saat ini bila mengunjungi URL www.android.com/tablets/ maka kita akan diarahkan kembali ke halaman utama. Sebelumnya ketika mengakses alamat tersebut, kita dapat melihat informasi tetang tablet Shield, Galaxy Tab 2 dan Xperia.

Google Menyerah di Bisnis Tablet?Foto: Android Police


Sejauh ini raksasa pencarian internet itu belum mengeluarkan keterangan resmi. Tapi banyak pihak menyakini Google benar-benar akan keluar di bisnis tablet Android.

Hal tersebut tidak mengejutkan sebenarnya mengingat tablet Android kalah bersaing dengan iPad yang mendominasi pasar dalam beberapa tahun belakang. Selain itu Google pun selama ini terlihat seperti tidak berusaha sekeras tenaga agar tablet Android berjaya seperti smartphone. Satu buktinya tidak ada tablet yang mendapat Android P beta.



Mungkin setelah keluar dari bisnis tablet Android, Google akan fokus pada perangkat Chrome OS. Seperti diketahui pasar perangkat Chrome OS mengalami peningkatan tiap tahunnya dan akan berlanjut seiring bisa terinstal aplikasi Android.

Namun yang jadi pertanyaan bagaimana dengan nasib para mitra, seperti Samsung, Asus dan lainnya, apakah mereka tetap membuat tablet Android setelah Google menyerah? (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed