Sabtu, 02 Jun 2018 13:00 WIB

Google Menyerah di Bisnis Tablet?

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Google sepertinya memberi sinyal menyerah dari bisnis tablet. Pasalnya mereka baru saja menghapus bagian tablet di situs resmi Android.

Adalah laman Android Police yang mendapati hilangnya bagian tablet di situs Android pada Jumat (1/6/2018). Padahal di hari sebelumnya mereka masih mendapati bagian tersebut.

Saat ini bila mengunjungi URL www.android.com/tablets/ maka kita akan diarahkan kembali ke halaman utama. Sebelumnya ketika mengakses alamat tersebut, kita dapat melihat informasi tetang tablet Shield, Galaxy Tab 2 dan Xperia.

Google Menyerah di Bisnis Tablet?Foto: Android Police


Sejauh ini raksasa pencarian internet itu belum mengeluarkan keterangan resmi. Tapi banyak pihak menyakini Google benar-benar akan keluar di bisnis tablet Android.

Hal tersebut tidak mengejutkan sebenarnya mengingat tablet Android kalah bersaing dengan iPad yang mendominasi pasar dalam beberapa tahun belakang. Selain itu Google pun selama ini terlihat seperti tidak berusaha sekeras tenaga agar tablet Android berjaya seperti smartphone. Satu buktinya tidak ada tablet yang mendapat Android P beta.



Mungkin setelah keluar dari bisnis tablet Android, Google akan fokus pada perangkat Chrome OS. Seperti diketahui pasar perangkat Chrome OS mengalami peningkatan tiap tahunnya dan akan berlanjut seiring bisa terinstal aplikasi Android.

Namun yang jadi pertanyaan bagaimana dengan nasib para mitra, seperti Samsung, Asus dan lainnya, apakah mereka tetap membuat tablet Android setelah Google menyerah? (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • YouTube Pulih, Netizen Gembira

    YouTube Pulih, Netizen Gembira

    Rabu, 17 Okt 2018 10:25 WIB
    Setelah sempat tumbang sekitar 45 menit, YouTube saat ini sudah pulih dan bisa diakses. Tumbangnya YouTube terjadi di versi website dan aplikasi mobile.
  • Layanan Down, Ini Kata YouTube

    Layanan Down, Ini Kata YouTube

    Rabu, 17 Okt 2018 09:39 WIB
    Layanan YouTube down pada Rabu (17/10/2018) pagi WIB ini. Berikut penjelasan pihak YouTube mengenai masalah tersebut.
  • iPhone XR Sudah Kantongi Restu Kominfo

    iPhone XR Sudah Kantongi Restu Kominfo

    Rabu, 17 Okt 2018 09:20 WIB
    Pada Jumat (19/10/2018), iPhone XR mulai dibuka pemesanan awalnya. Meski keran pre-order belum sampai di Indonesia, ponsel ini sudah mengantongi restu Kominfo.
  • YouTube Down di Sejumlah Negara

    YouTube Down di Sejumlah Negara

    Rabu, 17 Okt 2018 09:10 WIB
    Situs berbagi video terbesar di dunia, YouTube, dipastikan tumbang alias tidak dapat diakses. Kejadian ini menimpa pengguna di berbagai negara.
  • YouTube Dilaporkan Tumbang

    YouTube Dilaporkan Tumbang

    Rabu, 17 Okt 2018 09:00 WIB
    Pengguna akan melihat pesan error saat mencoba melakukan beragam fungsi di YouTube. Termasuk login, upload atau memutar konten.
  • Twitter Bisa Lacak Akun Penyebar Kebencian

    Twitter Bisa Lacak Akun Penyebar Kebencian

    Rabu, 17 Okt 2018 08:42 WIB
    Twitter cukup kewalahan dalam mengatasi konten yang berisikan tentang ujaran kebencian. Menghadapi isu tersebut, mereka tengah merancang jurus jitunya.
  • WhatsApp Perpanjang Waktu Hapus Pesan

    WhatsApp Perpanjang Waktu Hapus Pesan

    Rabu, 17 Okt 2018 07:59 WIB
    WhatsApp memperbarui fitur 'Delete for Everyone'. Update yang diberikan terkait batasan waktu pengguna bisa menghapus pesan yang terlanjur terkirim.