Senin, 07 Mei 2018 10:15 WIB

China Bujuk AS Soal Pemblokiran ZTE

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Berbagai hukuman yang dikenakan pemerintah AS ke ZTE membuat pemerintah China ikut turun tangan dalam mengatasi masalah tersebut.

Dalam sebuah laporan terbaru disebutkan kalau pemerintah China tengah mendekati pemerintah AS untuk meminta pengurangan hukuman untuk ZTE. Mengutip dua sumber yang mengetahui masalah ini, pemerintah China meminta AS mengurangi hukuman yang melarang perusahaan AS berbisnis dengan ZTE, yang saat ini ditetapkan selama 7 tahun.

Pembicaraan ini kabarnya dilakukan dalam sebuah pembicaraan perdagangan antara AS dan China awal minggu lalu di Beijing. Kabarnya pertemuan tersebut dihadiri oleh masing-masing pejabat senior dari kedua negara.

Laporan tersebut juga menyebut kalau negosiator dari China meminta AS untuk setidaknya mendengar pembelaan dari ZTE, dan mempertimbangkan usaha ZTE untuk mengikuti aturan yang diterapkan oleh AS, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Senin (7/5/2018).

Banyak pihak di China yang melihat hukuman AS terhadap ZTE ini sebagai bagian dari permasalahan yang lebih besar, yaitu persaingan dagang antara AS dan China, yang bisa dibilang adalah dua negara dengan kondisi ekonomi terkuat di dunia. (asj/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed