Kamis, 03 Mei 2018 21:16 WIB

Surat Utang Negara Bisa Dibeli Online

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: CEO tanamduit Rini Hapsari Foto: CEO tanamduit Rini Hapsari
Jakarta - Surat Utang Negara (SUN) seri SBR003 di pasar perdana domestik sudah dapat dibeli secara online pada 14 Mei 2018. Harga SUN ini dibanderol mulai Rp 1 juta.

Penjualan SUN ini dikelola oleh Tanamduit, platform investasi reksadana online milik Star Mercato Capitale, yang dipercaya sebagai mitra distribusi penjualan.

Penetapan sebagai mitra distribusi tersebut dituangkan di dalam Surat Penetapan dengan nomor S-363/PR/2018 yang dikeluarkan oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Penambahan lini produk SUN seri SBR003 ini merupakan bagian dari langkah tanamduit dalam memperkaya pilihan investasi dan memudahkan masyarakat berinvestasi secara online.

Di sisi lain, tentu kehadiran produk SBR ini juga mengakomodasi banyaknya keinginan konsumen yang ingin berinvestasi pada instrumen investasi ini.

CEO tanamduit Rini Hapsari mengatakan, SBR merupakan instrumen investasi yang aman, karena dijamin oleh negara. Produk ini cocok untuk semua tipe profil risiko nasabah, apalagi yang memiliki profil risiko konservatif.

"Pemesanan pembelian SBR ini sudah mulai bisa dilakukan di aplikasi tanamduit mulai 14 Mei 2018, namun registrasinya sudah dapat dilakukan dari sekarang. Prosesnya mudah dan tidak ribet, sehingga bisa dilakukan oleh siapa pun, kapan pun dan di mana pun," ujarnya di Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Melalui platform layanan pembelian SBR online di tanamduit, nasabah cukup melakukan registrasi dengan menyertakan data pendukung yang diminta. Nasabah perlu mendaftar untuk mendapatkan SID dan nomor rekening surat berharga.

Setelah mendapatkan SID dan nomor rekening surat berharga, nasabah dapat mengakses website tanamduit untukmembeli produk SBR, mengamati pertumbuhan investasi, dan menikmati perkembanga dana investasinya.

Investasi di SUN, termasuk SBR, merupakan investasi yang paling aman karena potensi gagal bayar yang sangat kecil. Pembayaran bunga dan pokok dijamin oleh UU Surat Utang Negara Nomor 24 Tahun 2002 Pasal 8 Ayat 2.

"Kesempatan investasi ini menarik sekali karena selain dijamin 100% oleh negara, kita berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan sekaligus membantu pembangunan negara," tambah Rini.

Sistem pemesanan pembelian secara online ini juga merupakan komitmen pemerintah dalam mempermudah akses masyarakat untuk berinvestasi di SUN ritel.

Ini juga alternatif mekanisme penerbitan selain didistribusikan melalui mitra distribusi seperti bank, perusahaan efek dan perusahaan fintech yang berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebagai bagian dari terwujudnya keuangan inklusif. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed