Rabu, 17 Jan 2018 21:02 WIB

Telkom Gandeng Kemenpora Bangun Wadah Startup Digital

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Telkom bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menghadirkan wadah kreativitas anak muda dalam bentuk Digital Innovation Lounge (DILo).

DILo sendiri merupakan bagian dari program Indigo Creative Nation yang dirancang sebagai creative camp sekaligus co-working space bagi para pelaku industri kreatif khususnya para talenta digital sebagai cikal bakal startup.

Bertempat di Wisma Menpora lantai 2, komplek Kemenpora Senayan, Jakarta, DILo menyediakan ruang kerja kreatif terbuka untuk publik berupa empat class rooms berbagai ukuran dengan kapasitas mulai dari 20 orang hingga 500 orang, outdoor lounge yang luas, lengkap dengan mini coffee shop di ruangan terbuka.

Menpora Imam Nahrawi dalam sambutannya berharap, dengan adanya fasilitas DILo ini bisa memberdayakan pemuda Indonesia khususnya di bidang startup digital sehingga melahirkan digitalpreneur baru.

"Apalagi Indonesia sudah mengalami bonus demografi sejak 2012 dengan meningkatnya proporsi penduduk usia produktif hingga 68,1% yang berklimaks pada tahun 2028-2030," ujarnya di Wisma Menpora, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Sementara menurut Direktur Consumer Service Telkom Indonesia Mas'ud Khamid, DILo yang ada di Wisma Menpora ini merupakan digital lounge ke-17 yang dibangun oleh Telkom.

Ia juga berharap, dari DILo yang ada di sini bisa melatih para digitalpreneur sehingga membuat inovasi dengan bantuan pembiayaan dari Telkom hingga mencapai Rp 2 miliar.

Pejabat yang ikut hadir pada peluncuran DILo Kemenpora ini antara lain Deputy EGM Digital Service Division Telkom Ery Punta, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Faisal Abdullah, dan Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto.

Pada kesempatan ini, Telkom juga menampilkan empat startup binaannya yang tergabung dalam Indigo.id, program inkubasi dan akselerasi startup, pada sesi pitching, yaitu Lora.id, Ticbox, Aplify, dan eGuards.

Keempat startup lintas angkatan program Indigo.id ini katanya telah melahirkan inovasi yang mendukung program pengembangan kepemudaan dan olahraga sesuai dengan semangat yang diusung DILo Kemenpora.

Selain DILo, Indigo.id juga memiliki tiga Digital Valley (Diva) di Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta sebagai creative camp yang diutamakan untuk para startup binaan Indigo.id dan tersebar di tiga kota besar tersebut. Bahkan, tak lama lagi Indigo.id juga akan meluncurkan Diva ke-4 di Makassar dan DILo yang ke-18 di Padang. (rou/rou)
Foto: Rengga Sancaya
Foto: Rengga Sancaya
Foto: Rengga Sancaya
Foto: Rengga Sancaya
Foto: Rengga Sancaya

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed