Rabu, 17 Jan 2018 18:27 WIB

Lazada Diam-diam Siapkan Pembayaran Elektronik

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Sistem pembayaran uang elektronik belakangan menjadi bisnis menggiurkan yang saat ini banyak dibidik oleh sejumlah perusahaan, menyusul kesuksesan Go-Pay milik Go-Jek. Tak hanya fokus pada pasar digital, para pelaku e-commerce mulai menggarap pembayaran (payment).

Beberapa perusahaan e-commerce pun saat ini juga tengah mengajukan sistem pembayaran uang elektronik serupa ke Bank Indonesia (BI), sebut saja BukaLapak dengan BukaDompet, lalu ada Tokopedia dengan TokoCash. Lantas bagaimana dengan Lazada?

Meski terlihat adem ayem, bukan berarti e-commerce milik Alibaba itu tak tergiur dengan bisnis tersebut. Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Achmad Alkatiri mengatakan bahwa pihaknya sudah meyiapkan layanan serupa.

"We have something in the pipeline. Jadi yang kami lagi berusaha lakukan adalah sekarang bagaimana kolaborasi. Alibaba punya segala macam. Sistem wallet mereka juga punya di Indonesia. Jadi nanti kami akan berkolaborasi dengan mereka," papar Achmad di Kantorkuu Coworking Space, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Karenanya, lanjut Achmad, ini hanya masalah integrasi. Sesuatu yang menurut Achmad bisa dilakukan kapan saja. Maka dari itu untuk saat ini yang paling penting bagi Lazada adalah merampungkan semua transmisi teknologi ke sistem Alibaba.

"Insya Allah bulan April ini pas ulangtahun itu segala macamnya sudah oke. Sudah diambil yang baru. Nah baru kemudian nanti kami melihat pengembangan yang lain," paparnya.

Untuk wallet ini sendiri, Achmad mengklaim bahwa sebenarnya di bulan November 2017 sudah ingin dirilis. Namun, pihaknya memutuskan untuk menahan terlebih dahulu karena fokus ke Harbolnas 2017.

Ditanya kapan wallet atau payment Lazada akan beroperasi, Achmad optimis bisa beroperasi tahun 2018. "Tapi mungkin kuartal tiga atau kuartal empat. Jadi benar-benar dioptimalkan untuk Harbolnas 2018," pungkasnya. (mag/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed