Minggu, 19 Nov 2017 19:03 WIB

Google Lirik Lokasi Data Center Apple di Denmark

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi data center. Foto: Facebook Ilustrasi data center. Foto: Facebook
Jakarta - Google menyebut sudah membeli sebuah lahan di bagian selatan Denmark tak jauh dari lokasi Apple berencana membangun data centernya.

Hanya saja, Google belum punya rencana apa-apa soal lahan yang baru dibelinya itu. Mereka mengaku hanya ingin mempunyai opsi untuk membangun data center di situ saat nanti mereka sudah membutuhkan data center baru di Eropa, ujar juru bicara Google.

Pada Juli lalu Apple memastikan akan menghabiskan sekitar USD 950 juta untuk membangun data center di Denmark, yang akan mulai beroperasi pada 2019 mendatang. Jika Google mengikuti langkah Apple, aera ini akan menjadi salah satu hub data center terbesar di dunia, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Minggu (19/11/2017).

"Ini adalah kabar bagus. Ini memberikan sinyal bahwa Google punya rencana di Denmark, dan menurut saya ini karena tarif listrik untuk perusahaan kami adalah salah satu yang termurah di Eropa, salah satu yang paling hijau, dan suplai dengan tingkat keamanan tinggi," ujar Lars Christian Lilleholt, Menteri Energi Denmark.

Pernyataan Lilleholt ini memang bukan sekadar klaim, karena nyatanya memang negaranya itu menarik sejumlah perusahaan teknologi untuk membangun data center. Sebelum Apple, Facebook pun memilih Denmark untuk membangun data centernya. (asj/asj)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed