Jumat, 10 Nov 2017 18:54 WIB

Uber Melantai di Bursa Saham 2019?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
CEO Uber Dara Khosrowshahi Foto: Forbes CEO Uber Dara Khosrowshahi Foto: Forbes
Jakarta - Uber sejak lama dikabarkan akan go public alias menjual saham perdananya. Namun hingga sekarang, wacana tersebut belum terlaksana. Kabar terbaru menyebutkan, Uber akan melakukan initial public offering (IPO) pada 2019.

Kabar ini keluar dari mulut CEO Uber Dara Khosrowshahi yang menyebut Uber kemungkinan akan melantai di bursa saham pada 2019. Pengumuman ini dikeluarkan oleh Khosrowshahi dalam sebuah konferensi bernama Dealbook baru-baru ini.

Khosrowshahi sendiri sebelumnya pernah menyebut IPO itu akan terjadi dalam 18 sampai 36 bulan mendatang, dan kini mengubah pernyataannya itu. Menurutnya Uber yang saat ini menjadi perusahaan privat itu punya banyak kerugian.

"(Sebagai perusahaan privat) Uber punya semua kerugian sama seperti perusahaan publik, dengan tambahan sorotan pada kami, namun tak punya keunggulan (yang sama seperti perusahaan publik)," ujar Khosrowshahi.

Pendekatan Khosrowshahi ini berbeda dengan pendahulunya. Kalanick adalah orang yang terus berusaha agar Uber tetap menjadi perusahaan privat selama mungkin. Ia tak melihat adanya kebutuhan untuk masuk ke dalam pasar publik untuk mencari suntikan dana, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (10/11/2017).

Langkah IPO ini kemungkinan diambil Uber untuk mengubah citranya yang belakangan ini memburuk setelah sejumlah kasus yang mereka alami. Nasib buruk Uber itu sampai memaksa mereka mengganti CEO-nya dari Travis Kalanick ke Khosrowshahi. (asj/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed