Kamis, 09 Nov 2017 17:17 WIB

Uber dan Tokopedia Kolaborasi Bikin One Stop Shopping

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET
Jakarta - Dua startup besar di bidangnya masing-masing, Uber dan Tokopedia, mengumumkan kerja sama strategis yang mengolaborasikan layanan tumpangan langsung dengan belanja online.

Hal ini diwujudkan melalui integrasi dengan aplikasi milik Uber, sehingga Tokopedia dapat memesan kendaraan langsung dari aplikasi Tokopedia tersebut.

"Ini merupakan visi kami dalam memberikan pilihan baru dan kesempatan ekonomi bagi jutaan penumpang dan mitra pengemudi di Indonesia," ujar Chan Park, General Manager Uber untuk Asia Tenggara dan Utara.

"Melalui platform application program interface (API) milik Uber, sekarang jutaan warga Indonesia dapat dengan mudah memesan Uber dan melakukan perjalanan melalui aplikasi belanja favorit mereka," ia melanjutkan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Melissa Siska Juminto, Chief of Staff dari Tokopedia yang mengaku bahwa kerja sama strategis dengan Uber dapat membawa misi perusahaan lebih jauh lagi dalam mewujudkan pemerataan ekonomi digital di Indonesia.

Ia pun memperkirakan, kerja sama ini akan bersifat jangka panjang, dengan menghadirkan inovasi-inovasi baru lagi nantinya.

Uber dan Tokopedia Hadirkan Konsep One Stop ShoppingFoto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET


"Upaya ini kami terus lakukan melalui lebih banyak akses bagi pelanggan Tokopedia terhadap layanan-layanan yang mereka perlukan, termasuk layanan ride sharing dari Uber," katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan, untuk saat ini, layanan tersebut hanya bisa menggunakan saldo TokoCash, yaitu uang elektronik milik Tokopedia, sebagai metode pembayaran.

Namun, Melissa menambahkan bahwa ke depannya akan diberlakukan pilihan dengan menggunakan kartu kredit seiring perluasan implementasi integrasi tersebut.

"Tidak hanya itu, integrasi ini juga memberikan fitur Gift Card di dalamnya. Jadi siapapun bisa membeli, menggunakan, dan membagikan Gift Card dari Uber langsung melalui aplikasi Tokopedia," ujarnya.

Gift Card sendiri memungkinkan seluruh pengguna Uber maupun Tokopedia untuk membeli dan berbagi semacam voucher yang dapat digunakan langsung saat memesan sebuah perjalanan sehingga dapat memberikan pengalaman cashless bagi siapa pun, meskipun ia tidak memiliki kartu kredit sebagai metode pembayaran.

Dalam demo integrasi kedua aplikasi tersebut yang dilakukan di EV Hive, Menteng, pada Kamis (9/11/2017), Gift Card dapat dibeli melalui aplikasi Tokopedia dengan menggunakan berbagai macam pembayaran, mulai dari akses perbankan maupun layanan beberapa merchant, dengan pilihan Rp 50.000 dan Rp 100.000.

Saksikan video 20detik tentang pemesanan Uber melaui Tokopedia di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Selain itu, fitur tersebut dapat digunakan langsung oleh pengguna atau dibagikan kepada keluarga, teman, maupun kerabat. Sedangkan dalam aplikasi Uber, Gift Card hanya dapat dibagikan kepada orang lain.

"Uber berusaha memberikan nilai lebih dari layanan ride sharing. Namun kami juga ingin mewujudkan konsep one stop shopping bagi seluruh pengguna karena kami selalu berorientasi pada customer. Jadi, ketika para Toppers (sebutan pengguna Tokopedia) tengah asik berbelanja, mereka tidak perlu keluar dari aplikasi saat hendak memesan sebuah perjalanan," pungkas Chan Park. (rns/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed