Kamis, 09 Nov 2017 10:06 WIB

Perusahaan Non Profit, Bagaimana Mozilla Cari Uang?

Yudhianto - detikInet
David Slatter, SVP Operations Mozilla (tengah). Foto: yudhianto/detikinet David Slatter, SVP Operations Mozilla (tengah). Foto: yudhianto/detikinet
Jakarta -

Mozilla Foundation dikenal sebagai organisasi non profit yang dibentuk untuk memimpin proyek open source Mozilla. Lantas bagaimana cara mereka cari uang?

Sebagai perusahaan non profit, bisa dibilang Mozilla tidak menjual produknya untuk mencari keuntungan. Sehingga caranya untuk mendapat pendanaan adalah dengan menjalin kerjasama dengan entitas lain di industri internet.

Dijelaskan oleh David Slatter, SVP Operations Mozilla, perusahaannya menggandeng sejumlah mesin pencarian untuk mendapat pendanaan. Mozilla mengaku sejauh ini telah menjain kerjasama dengan Google, hingga Baidu untuk wilayah China.

Sementara cara lainnya adalah dengan memanfaatkan slot iklan miliknya. Termasuk melalui jalinan kerjasama dengan sejumlah pihak Pemerintah.

"Pendanaan kami? Firefox adalah produk utama kami. Dari situ kami menjalin kerjasama dengan mesin pencarian, seperti Google, Baidu, dan lain.lain," ujar David, di hotel Fairmont, Jakarta.

"Selain itu kami juga mendapatkannya dari iklan, dan kerjasama dengan Pemerintah," imbuhnya.

Malah tak hanya itu, souvenir nyatanya juga jadi andalan Mozilla untuk menjadi sumber dananya. David menyebut kalau perusahaannya turut menjual kaos, dan aksesori lainnya demi kelanjutan operasionalnya.

"Bahkan kami juga menjual kaos, dan lain-lain," pungkas David.

Saksikan video mengenai Mozilla Firefox di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(yud/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed