Rabu, 08 Nov 2017 10:18 WIB

Mengenal Perusahaan yang Mau Caplok Qualcomm Rp 1.755 Triliun

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Broadcom. Foto: Reuters Broadcom. Foto: Reuters
Jakarta - Tak seperti Qualcomm yang populer dengan lini chip Snapdragon, tak banyak orang yang mengenal Broadcom. Padahal keduanya sama-sama perusahaan pembuat chip.

Broadcom adalah perusahaan semikonduktor yang memproduksi chip dan komponen komputer yang dipakai di ponsel, laptop, data center, konsol dan lainnya. Mereka juga memproduksi panel LED, adaptor jaringan dan Bluetooth.

Qualcomm sendiri sebenarnya adalah rival bagi Broadcom. Menurut Fortune, Qualcomm mencatatkan pendaapatan penjualan tahunan sebesar USD 22 miliar sementara Broadcom berada di bawahnya dengan pemasukan sebesar USD 18 miliar.

Pada 2016 lalu Broadcom berada di posisi ke-5 perusahaan semikonduktor terbesar di dunia dari segi pemasukan. Sedangkan Qualcomm berada di posisi tiga besar bersama Intel dan Samsung.

Meskipun kalah populer dibanding chip Snapdragon bikinan Qualcomm, chip bikinan Broadcom sebenarnya banyak digunakan di bermacam produk bikinan HTC, Google dan Apple.

Bahkan pada 2012 lalu mereka bekerja sama dengan Nintendo untuk menciptakan gaming dalam dua layar di Wii U GamePad. Temuan terbaru Broadocom adalah chip GPS yang sangat akurat, dengan akurasi mencapai 30 cm.

Produk buatan Broadcom pun bukan tanpa cela, karena ada system on a chip (SoC) mereka yang terbukti mempunyai celah keamanan. Celah itu membuat hacker bisa mengambil alih sebuah perangkat melalui jaringan WiFi.

Celah keamanan ini terdapat pada semua pengguna iPhone dengan iOS 10, Google Nexus 5, 6, 5X dan 6P. Untungnya saat ini celah tersebut sudah ditambal, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (8/11/2017). (asj/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed