BERITA TERBARU
Kamis, 21 Sep 2017 11:14 WIB

Resmi! Google Caplok HTC Senilai Rp 14 Triliun, Tapi..

Yudhianto - detikInet
Ilustrasi. Foto: istimewa Ilustrasi. Foto: istimewa
Jakarta - Tak lama setelah munculnya pertanda bakal diakuisisinya HTC oleh Google, kabar ini pun terwujud.

Google resmi melakukan akuisisi terhadap HTC dengan nilai sebesar USD 1,1 miliar atau setara Rp 14,6 triliun (USD 1 = Rp 13.300). HTC juga dipastikan akan memperoleh angka transaksi tersebut dalam bentuk tunai sepenuhnya.

Tapi akuisisi ini hanya dilakukan Google terhadap sebagian bisnis HTC, yang fokus pada perangkat seperti ponsel dan virtual reality (VR).

Dalam perjanjiannya Google berhak atas sejumlah tim HTC, yang sebagian merupakan orang-orang yang dipercaya dalam pengembangan ponsel Pixel besutan Google. Termasuk sejumlah lisensi non-eksklusif kepunyaan HTC.

Sementara itu alasan di balik akuisisi yang dilakukan Google tersebut disebut-sebut sebagai upaya raksasa internet ini mewujudkan ambisinya yang ingin serius menggeluti bisnis ponsel, dan VR.

"Kesepakatan ini merupakan langkah cemerlang berikutnya dalam kemitraan jangka panjang kami, yang memungkinkan Google untuk menggeber bisnis perangkat keras mereka sambil memastikan inovasi lanjutan di ponsel HTC dan bisnis virtual reality VIVE kami," ujar Cher Wang, CEO HTC, seperti dikutip detikINET dari CNBC, Kamis (21/9/2017).

Lebih lanjut, Google Senior Vice President Hardware Rick Osterloh, mengatakan akuisisi terhadap HTC ini akan membantu Google untuk mewujudkan inovasi atas perangkat-perangkat Made of Google ke depannya.

Adapun perangkat yang dimaksud antara lain adalah ponsel Pixel, Google Home, Headset VR DayDream, dan Chromecast.

"Itu alasan kami menandatangani kesepakatan dengan HTC, yang akan memberi lebih banyak inovasi produk di tahun-tahun mendatang," kata Osterloh.

(yud/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..