BERITA TERBARU
Rabu, 20 Sep 2017 07:58 WIB

Kepercayaan Startup Lokal Naik Berkali-kali Lipat

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Ilustrasi. Foto: Thinkstock Ilustrasi. Foto: Thinkstock
Jakarta - Bukan tanpa sebab jika pemerintah belakangan ini terus menggeber sektor perekonomian digital. Pasalnya, menurut laporan terbaru Google dan AT Kearney menunjukkan bahwa kepercayaan investor terhadap startup di Indonesia tumbuh 68 kali lipat.

Menurut Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen pertumbuhan ini terjadi dalam waktu lima tahun terakhir. Sebelumnya di tahun 2012 nilai investasi yang diterima startup di Indonesia mencapai USD 44 juta atau senilai Rp 574 miliar.

Masuk ke tahun 2016, nilai investasi melejit menjadi USD 1,4 miliar atau Rp 18,27 triliun. Nah, peningkatan sangat signifikan terjadi pada periode bulan Januari ke Agustus 2017 yang disebut menjadi USD 3 miliar atau hampir Rp 40 triliun.

"Kami lihat momentum investasi startup naik dua kali lipat dari tahun 2016 ke 2017. Temuan atau laporan ini sangat bermanfaat, sehingga kami berharap dapat membantu meningkatkan investasi terhadap ekosistem startup lebih jauh lagi," ujar Tony di Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Lebih lanjut, Tony mengatakan jika Indonesia saat sedang dalam iklim terbaik di mata venture capital yang ingin berinvestasi. Menurutnya Laporan bertajuk Indonesia Venture Capital Outlook 2017 ini sekaligus mempertegas kontribusi nyata dari dunia digital terhadap perekonomian Indonesia dengan menciptakan perekonomian digital yang angka dan pertumbuhannya fantastis.

Sementara itu Alessandro Gazzini dari AT Kearney mengaku terkejut dengan antusias venture capital dalam berinvestasi di Indonesia. "Mereka sangat yakin dengan peluang yang dimiliki Indonesia," ucapnya di kesempatan yang sama.

Bila diperluas cakupannya, Asia Tenggara mengantongi investasi startup sebesar USD 6,8 miliar, di mana Singapura menguasai 41%, Indonesia 19% dan lainnya sebesar 40%.

Sedangkan pusat startup sendiri masih berpusat di Amerika Serikat dengan angka investasi USD 524 miliar.

(mag/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..