Senin, 28 Agu 2017 09:51 WIB

Uber Temukan Nakhoda Baru, Siapa Dia?

Adi Fida Rahman - detikInet
Dara Khosrowshahi. Foto: Getty Images Dara Khosrowshahi. Foto: Getty Images
Jakarta - Jajaran direksi Uber sudah memilih calon CEO untuk menggantikan sang pendiri, Travis Kalanick. Ia adalah Dara Khosrowshahi.

Pihak Uber sendiri memang belum mengumumkannya secara resmi. Adalah laman Forbes pada Senin (28/8/2017), yang mengungkap hal tersebut. Mereka mendapat informasi dari sumber yang mengetahui keputusan tersebut.

Saat dikonfirmasi oleh Forbes, Uber menolak berkomentar. Sebelumnya, juru bicara Uber sempat mengatakan perusahaan ingin menginformasikan keputusannya kepada karyawan sebelum mengumumkan nama CEO baru tersebut ke khalayak.

Bicara pemilihan Khosrowshahi sendiri dinilai cukup mengejutkan. Karena sosoknya tidak terpantau radar calon CEO Uber.

Sebelumnya Uber telah mendekati mantan CEO GE Jeff Immelt dan CEO Hewlett Packard Enterprise Meg Whitman. Tapi keduanya menolak mengantikan Kalanick yang mengundurkan diri lebih dari dua bulan yang lalu di tengah serangkaian skandal dan kontroversi.

Mengenal sosok Khosrowshahi, ia sejatinya bukan orang baru di jagat industri digital. Saat ini ia menjabat sebagai CEO dari perusahan travel online Expedia.

Khosrowshahi telah memimpin Expedia sejak 2005. Di tangan pria berusia 48 tahun ini, Expedia melakukan ekspansi yang cepat.

Pria berdarah Iran-Amerika ini adalah lulusan Universitas Brown yang sebelumnya bekerja di IAC dan Allen & Company. Awal tahun ini, namanya cukup tenar lantaran mengutuk keras Donald Trump.

Dengan kepiawaiannya, Khosrowshahi diyakini bisa membawa stabilitas yang sangat dibutuhkan bagi Uber, yang telah mengalami banyak gejolak tahun ini. Tapi dia akan menghadapi tantangan sangat besar.

Seperti diketahui meski bisnis Uber berkembang pesat, mereka terus rugi ratusan juta dolar setiap kuartalnya. Juga telah kehilangan beberapa eksekutif puncak dalam beberapa bulan terakhir, termasuk chief financial dan chief operating officer. Selain itu Uber juga harus menghadapai tuntutan hukum Google Waymo yang menuduh Uber mencuri kekayaan intelektualnya. (afr/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed