Kamis, 24 Agu 2017 16:36 WIB

Ikuti Indosat, XL Menyerah di Bisnis Digital

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Inet.detik.com Foto: Inet.detik.com
Jakarta - Belum lama Indosat memutuskan untuk menutup toko online Cipika. Kini XL Axiata pun ikut-ikutan menyerah di bisnis digital, yaitu terkait Elevenia.

Tapi operator yang identik warna biru itu tidak menutup Elevenia. Mereka akan melepas seluruh kepemilikan sahamnya di website e-commerce tersebut.

XL baru saja menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat (CSPA) untuk melepas seluruh kepemilikan sahamnya di PT XL Planet (Elevenia) termasuk juga seluruh saham dari SK Planet Global Holdings Pte. Ltd. (SK Planet), kepada PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd.

Langkah ini diambil agar XL lebih fokus kepada kekuatan utama dan mengembangkan bisnis layanan data. Selain itu, keputusan ini diharapkan dapat mengurangi dampak kerugian yang timbul dari Elevenia dan memungkinkan XL mengalokasikan modal untuk menghasilkan keuntungan bagi para pemegang saham. Serta memberikan layanan yang lebih baik kepada para pelanggannya.

"Keputusan ini kami ambil melalui perhitungan yang cermat terhadap berbagai opsi yang dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan, Hal ini memungkinkan kami untuk lebih fokus sebagai penyedia jasa layanan telekomunikasi data, sedangkan dukungan terhadap industri e-Commerce akan tetap kami lakukan melalui fitur-fitur digital di layanan data yang kami sediakan untuk pelanggan," kata Dian Siswarini, CEO XL Axiata dalam keterangan resmi, Kamis (24/8/2017).

XL sendiri memiliki 50% saham kepemilikan di Elevenia, sama dengan yang dimiliki oleh SK Planet. Kesepakatan CSPA ini berlaku untuk pengalihan saham yang dimiliki oleh XL Axiata dan SK Planet. Transaksi diharapkan selesai pada paruh kedua tahun ini setelah terpenuhinya kondisi-kondisi yang dipersyaratkan dan diperolehnya persetujuan dari beberapa instansi terkait.

Ikuti Indosat, XL Menyerah di Bisnis DigitalCEO XL Axiata Dian Siswarini. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto


Untuk diketahui, rencana pelepasan saham ini sendiri sempat diungkap Dian pada Mei lalu. Kala itu, pihaknya memang tengah menimbang pendanaan yang akan diberikan ke Elevenia selanjutnya. Opsi yang ada antara tetap mengucurkan dana atau melepas saham.

Dian saat itu menjanjikan sekitar Juli atau Agustus akan mengeluarkan keputusan. Apa yang mau diambil berdasarkan tawaran yang mereka dapat.

Mungkin setelah dihitung-hitung, opsi melepas saham menjadi pilihan yang tepat bagi XL. Agar mereka tidak terus mengeluarkan dana untuk investasi tanpa mendapatkan pundi-pundi keuntungan.

Sejauh ini tercatat beberapa kali pihak XL Axiata mengucurkan dana segar pada Elevenia. Terpantau pada awal 2015 mereka mengucurkan USD 12,1 juta. Setahun berselang, XL Axiata menambah saham USD 9,6 juta.

Enam bulan kemudian mereka menambah lagi USD 13,2 juta. Bila ditotal, maka operator seluler yang punya ciri khas berwarna biru itu telah mengucurkan dana mencapai USD 69,8 juta.

Sebelumnya, operator Indosat juga telah menutup situs e-commerce miliknya, Cipika. Mereka memilih fokus di bisnis intinya. (afr/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed