BERITA TERBARU
Sabtu, 12 Ags 2017 15:45 WIB

Bikin Batik pun Sekarang Pakai Teknologi

Adi Fida Rahman - detikInet
Batik Keris Batik Keris
Jakarta - Makin banyak perusahaan ritel nasional yang serius menggarap bisnis di era digital. Salah satunya Batik Keris yang legendaris, namun tetap melek teknologi.

Peritel yang bergerak di fashion batik ini meluncurkan kembali Batik Keris Online. Sebelumnya lapak online ini diluncurkan pada September 2016, tapi mereka melakukan perombakan tampilan dan penambahan fitur agar makin memudahkan konsumen berbelanja.

"Hadirnya Batik Keris Online diharapkan dapat mengembangkan pemasaran. Tidak hanya toko, konsumen dapat membeli di mana pun dan kapan pun," kata Lina Handianto Tjokrosaputro, Komisaris Batik Keris di sela diskusi Women in Tech: Perempuan di Antara Budaya, Teknologi dan Inofasi di Bekraf Habibie Festival 2017, Jakarta.

Bikin Batik pun Sekarang Pakai TeknologiFoto: detikINET/Adi Fida Rahman


Dalam kesempatan ini, Lina bercerita. Walau pihaknya fokus pada batik, mereka tidak bisa dilepaskan dari yang namanya teknologi. Sejak beberapa generasi, teknologi sudah dipakai untuk memudahkan proses bisnis Batik Keris.

Ia pun mencontohkan selama ini Batik Keris kerap melakukan pelatihan pada UKM binaannya untuk membuat produk yang berkualitas lewat teknologi. Mereka pun gunakan komputerisasi untuk pembuatan motif.

"Langkah terbaik untuk melestarikan tradisi dan kebudayaan Indonesia adalah dengan merengkuh perkembangan teknologi seiring tren gaya hidup masyarakat. Dan hadirnya teknologi dapat mendorong serta menambah nilai ekonomi dan bisnis yang sudah ada," pungkas Lina.

Saat ini Batik Keris punya 109 gerai yang tersebar di 30 propinsi Indonesia. Ditambah lagi 28 gerai yang berada di bandara dan satu toko flagship. Dengan diluncurkan website Batik Keris Online, nantinya batik dan produk kerajinan dari seluruh Indonesia dapat dikirim ke seluruh dunia. (afr/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed