Senin, 07 Ags 2017 12:16 WIB

Tokopedia Mau Dibeli Raksasa e-Commerce Asal China?

Yudhianto - detikInet
Foto: Tokopedia Foto: Tokopedia
Jakarta - Beredar kabar kalau JD.com punya rencana untuk melakukan akuisisi terhadap Tokopedia, salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Kabar itu semakin kencang dan membuat para petinggi Tokopedia diburu konfirmasinya.

Informasi yang disebut berasal dari sumber terpercaya ini mengatakan metode akuisisi yang mungkin akan diljalankan oleh JD.com adalah dengan melakukan pembelian saham besar-besaran milik Tokopedia.

Adapun tujuan akuisisi ini bisa dipastikan sebagai upaya JD.com untuk makin menancapkan kukunya di Indonesia. Apalagi pesaing terdekatnya, Alibaba, telah duluan melakukan hal yang sama seiring akuisisinya terhadap Lazada.

Tapi JD.com sendiri sejatinya telah sejak beberapa waktu silam menggarap pasar Indonesia lewat JD.id.

Gosip soal rencana akuisisi Tokopedia oleh JD.com disebut telah bergulir sejak bulan Mei lalu. Namun di akhir Juli kejutan malah datang dari Alibaba yang menanamkan investasi sebesar USD 500 juta atau sekitar Rp 6,6 triliun di Tokopedia.

Kini wacana akuisisi Tokopedia oleh JD.com kembali muncul. Seakan-akan pemilik e-commerce terbesar kedua di China ini ingin menantang pesaing terdekatnya tersebut. Terutama dalam tujuannya menggarap pasar Indonesia.

Sayang ketika ditanyakan ke pihak Tokopedia, diwakili oleh Antonia Adega, PR Specialist Tokopedia, penyedia e-commerce ini ogah melontarkan pernyataan. Ditegaskannya tidak ada komentar untuk rumor atau spekulasi yang beredar.

"Oh, no comment ya, untuk market rumors atau spekulasi," singkatnya. (fyk/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed