Jumat, 04 Agu 2017 19:59 WIB

Google Pernah Tawar Snapchat Rp 99 Triliun

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Banyak perusahaan yang pernah menawar untuk membeli Snapchat, namun semua ditolak sampai harga perusahaan itu melonjak drastis, meski akhirnya merosot kembali.

Google pada November 2013 pernah menawar Snapchat senilai USD 4 miliar,dan pada bulan dan tahun yang sama, Facebook pun menawarnya dengan nominal USD 3 miliar. Kedua tawaran itu ditolak Snapchat.

Pilihan menolak tawaran itu berbuah baik, karena valuasi Snapchat meningkat drastis setelah mereka masuk ke pasar modal. Nilai Snap -- induk perusahaan Snapchat -- saat masuk ke pasar saham adalah USD 24 miliar.

Meski sudah pernah ditolak, Google kabarnya tak menyerah dan masih mencoba untuk mengakuisisi Snap. Tak tanggung-tanggung, anak usaha Alphabet itu kabarnya siap mengeluarkan dana USD 30 miliar, atau sekitar Rp 99 triliun.

Pembicaraan antara Google dan Snap itu kabarnya berlangsung sebelum masuknya pendanaan seri F yang dijadwalkan terjadi pada Mei 2016. Pendanaan tersebut membuat valuasi Snap menjadi USD 20 miliar.

Namun sayangnya saham Snap terus merosot dan kini valuasi mereka tinggal USD 14 miliar, yang jauh lebih rendah ketimbang tawaran Google senilai USD 30 miliar tersebut, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (4/8/2017).

Sayangnya tak ada yang bisa mengkonfirmasi tawaran USD 30 miliar dari Google ke Snap tersebut. Google menolak mengomentari hal tersebut Snap menyebut kalau itu adalah rumor yang salah. (asj/rou)