Selasa, 25 Jul 2017 10:57 WIB

Jack Ma Mau Guyur Uang Triliunan ke Tokopedia?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Tokopedia. Foto: detikINET/Irna Prihandini Tokopedia. Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - Raksasa e-commerce asal China, Alibaba Group Holding Ltd, dikabarkan ingin menanam investasi besar ke e-commerce lokal, Tokopedia. Alibaba sendiri didirikan dan dipimpin oleh sosok terkenal di jagat teknologi, Jack Ma.

Dikutip detikiNET dari Dealstreetasia, sumber terkait menyebutkan kedua pihak saat ini sedang dalam pembicaraan serius. Alibaba kemungkinan memimpin pendanaan tahap selanjutnya pada Tokopedia dengan nilai bisa mencapai USD 500 juta atau di kisaran Rp 6,6 triliun.

Jika benar, Alibaba akan mengikuti jejak Sotfbank Group dan Sequoia Capital yang lebih dulu menanamkan modal ke Tokopedia. Ketika dikonfirmasi, pihak Alibaba belum bersedia memberikan komentar. "Kami tidak berkomentar soal rumor di pasar," kata juru bicara Alibaba.

Sebelumnya, JD.com dikabarkan lebih dulu mendekati Tokopedia. Tapi sepertinya tawaran mereka kalah dari Alibaba.

Alibaba memang semakin agresif di pasar Asia Tenggara. Sebelumnya mereka telah menginvestasikan dana sebesar USD 2 miliar pada Lazada.

Alibaba dilahirkan oleh Jack Ma pada tahun 1999. Sukses besar Alibaba membuat Jack Ma menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan estimasi harta terakhir USD 43,2 miliar.

Sementara Tokopedia didirikan pada tahun 2009 dan performanya cukup baik. Di pasar Indonesia, mereka antara lain bersaing dengan Lazada, BukaLapak sampai Blibli. (fyk/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed