Selasa, 20 Jun 2017 14:00 WIB

Steve Wozniak, Otak Apple yang 'Ditenggelamkan' Steve Jobs

Fino Yurio Kristo - detikInet
Steve Wozniak. Foto: Getty Images Steve Wozniak. Foto: Getty Images
Jakarta - Mungkin cerita Steve Wozniak sama dengan Paul Allen di Microsoft. Jika Allen kalah tenar dari pendiri Microsoft lainnya, Bill Gates, maka Wozniak kalah populer dari Steve Jobs. Padahal pria yang akrab dipanggil Woz itu justru otaknya Apple di masa-masa awal.

Lahir 66 tahun lalu, Woz sudah pintar sejak kecil. Mungkin terlalu pintar dibanding dengan siswa sebayanya sehingga dia mengaku tak punya banyak teman. "Aku selalu sendirian," katanya yang dikutip detikINET dari Wired.

Salah satu teman yang cocok dengannya adalah Steve Jobs karena mereka sama-sama suka hal berbau elektronik. Selain itu, sama-sama jahil. Mereka pun jadi teman akrab.

"Kami pertama kali bertemu tahun 1971 saat aku kuliah dan dia SMA. Seorang teman berkata aku harus menemuinya karena dia suka elektronik. Dia mengenalkanku pada Jobs," kisah Woz.

Tahun 1976, Wozniak menciptakan komputer yang membuatnya terkenal, yaitu Apple 1. Ya, komputer pertama dalam sejarah Apple secara teknis adalah murni buatan Woz, dijual seharga USD 666,6 kala itu.

Itulah permulaan Apple Computer yang didirikan pada 1 April 1976. Komputer Apple II pun adalah hasil karya Wozniak.

Awal tahun 1985, Wozniak meninggalkan Apple dan tak pernah kembali walaupun ia masih berstatus pegawai Apple dan masih digaji. Kisah mengenai alasannya keluar akan diceritakan dalam artikel berikutnya.

Selepas dari Apple itu, Wozniak terlibat mendirikan beberapa perusahaan teknologi. Yang pasti dia menikmati hidupnya. Suka pula memakai beragam jenis gadget, tidak melulu Apple. Banyak ponsel Android jadi favoritnya.

Ada lagi fakta menarik soal Woz, yaitu dia dikabarkan anggota Freemasonry. Ia bergabung ke perkumpulan persaudaraan yang terkenal itu karena ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama istrinya dulu, Alice Robertson.

Alice masuk dalam kelompok Order of the Eastern Star yang terasosiasi dengan Mason. Woz kabarnya menjadi anggota Freemansory pada tahun 1979. Sebuah artikel di media bisnis CNBC menguatkan kalau Woz memang anggota perkumpulan tersebut.

"Freemason terkenal termasuk presiden dan perdana menteri dan pebisis seperti Henry Ford dan pendiri Apple, Steve Wozniak," sebut CNBC. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed