Kamis, 15 Jun 2017 17:57 WIB

Ini Alasan Blibli Akuisisi Tiket.com 100%

Agus Tri Haryanto - detikInet
Akuisisi Blibli pada Tiket.com. Foto: Agus Tri Haryanto/inet Akuisisi Blibli pada Tiket.com. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - Blibli.com, perusahaan e-commerce Indonesia melakukan aksi korporasi dengan resmi mengakusisi Tiket.com. Apa sajakah alasan Blibli mencaplok perusahaan pembelian tiket online itu?

Peresmian diumumkan saat acara penandatangan kesepakatan akusisi disertai buka bersama dengan awak media di Jakarta, Kamis (14/6/2017). Turut hadir para pendiri Tiket dan Blibli pada pengumuman aksi korporasi ini.

"Ini merupakan achievement yang terbaik. Pada 12 Juni, secara official Tiket.com resmi diakusisi 100% oleh Blibli," ujar Co-Founder sekaligus Chief Communications Officer Tiket, Gary Undarsa.

Namun disayangkan, nilai akuisisi Tiket yang bergerak di bidang Online Travel Agent ini tidak disebutkan. Mereka hanya mengatakan aksi koporasi ini menggunakan nilai rupiah. Di luar itu, Blibli mengungkap alasan membeli Tiket.com.

"Kenapa Blibli? Karena kita satu visi, bahkan ulang tahun kita sama-sama mau enam tahun pada tahun ini. Kita butuh partner untuk menguasai industri bersama-sama," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Chief Executive Officer (CEO) Blibli Kusomo Martanto, menuturkan akuisisi Tiket karena mereka memiliki track record bisnis yang bagus, di mana dalam waktu relatif singkat tumbuh menjadi salah Online Travel Agent (OTA) terbesar di Indonesia, sama-sama berfokus pada kepuasan pelanggan dan dinilai konsisten dalam menjalankan bisnisnya.

"Di sisi lain, kami juga melihat visi misi dan nilai perusahaan Tiket memiliki banyak kesamaan dengan Blibli yang diharapkan dapat memudahkan proses sinergi. Berdasarkan pertimbangan ini kami mantap untuk melakukan akusisi," jelas Kusumo.

Bersamaan dengan akuisisi ini, ditujuk pula Chief Executive Officer (CEO) Tiket baru yang kini dipegang oleh George Hendrata. Sebagai informasi, George saat ini menjabat sebagai Chairman BMJ, perusahaan kertas ketiga terbesar di dunia. Ia juga menduduki posisi Direktur Pengembangan/Diversifikasi Bisnis Djarum.

George pun mengungkapkan kenapa Blibli mencaplok Tiket hingga mencapai 100%. Disampaikan dia bahwa agen travel online seperti Tiket merupakan bisnis yang cerah untuk digarap sekarang dan masa depan.

"Hal ini dikarenakan agar strategi travel semakin rapi dan gak overlap, lebih sinergi. Pembicaraan soal ini juga dibahas dan itu baik sehingga itu menjadi keputusan yang terbaik," kata George. (fyk/fyk)
Akuisisi Blibli pada Tiket.com. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed