Senin, 12 Jun 2017 09:02 WIB

Investor Tokopedia Jadi Pemilik Perusahaan Robot Google

Yudhianto - detikInet
Foto: boston dynamics Foto: boston dynamics
Jakarta - SoftBank yang dikenal sebagai salah satu investor terbesar Tokopedia kembali memperluas ekspansinya. Perusahaan telekomunikasi asal Jepang ini dipastikan segera jadi pemilik baru perusahaan robot Google, Boston Dynamics.

Google sendiri sempat punya ambisi bikin robot. Raksasa internet sampai melakukan akuisisi terhadap Boston Dynamics, sebuah perusahaan yang menggeluti dunia robotik. Tapi kini perusahaan robotik itu malah dijual.

Tapi kabar soal rencana dijualnya Boston Dynamics sejatinya sudah terdengar sejak lama. Hanya saja Alphabet, perusahaan induk Google belum menemukan peminatnya. Sampai akhirnya sebuah perusahaan dari Jepang tertarik melakukan akuisisi terhadap Boston Dynamics.

Seperti dilansir Engadget, Senin (12/6/2017), adalah SoftBank yang resmi menjadi pembeli. Meski lebih dikenal sebagai perusahaan telekomunikasi, SoftBank sendiri punya rekam jejak mumpuni soal dunia robotik.

Perusahaan ini telah sejak lama juga mengembangkan robotik Tercatat ada beberapa robot yang telah mereka kembangkan, yang bernama Pepper, Handle, Big Dog, Atlas, WildCat, serta yang lainnya lagi. Seiring masuknya Boston Dynamics, perusahaan robotik ini pun pastinya akan menambah koleksi SoftBank tersebut.

"Kami berharap dapat bekerja dengan SoftBank dalam misi kami untuk mendorong lebih tinggi batas kemampuan yang dapat dilakukan robot, dan untuk membuat aplikasi yang berguna di dunia yang lebih cerdas dan lebih terhubung," kata Marc Raibert, CEO dan founder of Boston Dynamics.

SoftBank sendiri sebelumnya telah melakukan akuisisi yang cukup berpengaruh. Sebelum Boston Dynamics, perusahaan ini juga telah mengakuisisi desainer chip ARM yang banyak digunakan oleh ponsel-ponsel saat ini.

Selain itu SoftBank juga melakukan akuisisi terhadap operator Sprint di Amerika Serikat pada tahin 2013 lalu.

Namun sejauh ini belum ketahuan berapa nilai akuisisi SoftBank untuk memiliki Boston Dynamics.

(yud/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed