Kamis, 04 Mei 2017 11:45 WIB

Facebook Diakses 2 Miliar Orang, Raup Laba Rp 40 Triliun

Wahyu Daniel - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Dalam sebulan, media sosial Facebook diakses oleh hampir 2 miliar orang dalam sebulan. Keuntungan perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini mencapai USD 3,06 miliar atau sekitar Rp 40 triliun dalam 3 bulan pertama di 2017.

Untung Facebook naik 76% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara pendapatan perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini mencapai US$ 8,03 miliar atau Rp 106,7 triliun di kuartal I-2017, naik 49% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Saat ini jumlah pengguna Facebook mencapai 1,94 miliar per bulan, atau naik 17%. "Kami memiliki permulaan yang bagus di 2017. Kami akan terus membangun alat-lat untuk mendukung kuatnya komunitas global saat ini," kata Zuckerberg, dilansir dari AFP, Kamis (4/5/2017).

Pendapatan terbesar Facebook tetap dari iklan, yang nilainya mencapai USD 7,86 miliar.

Meski kinerja positif, namun saham Facebook turun 2,4% menjadi USD 148,17/lembar. Karena kenaikan keuntungan tidak seperti yang diharapkan.

Facebook juga berencana merekrut 3.000 orang baru untuk bekerja memindahkan konten-konten terkait kekerasan, baik foto maupun video. Usaha ini dilakukan Facebook di tengah kritik soal penyebaran kekerasan dan kebencian di dalamnya.

Namun perekrutan yang dilakukan dinilai pelaku pasar saham bakal menaikkan beban biaya yang akhirnya berpengaruh kepada laba Facebook.

Perusahaan ini tetap menargetkan pendapatan yang tinggi di tahun ini. Sementara beban biaya akan naik 40-50% dari tahun lalu, karena investasi untuk pusat data, riset, dan hal lainnya.

"Kami tetap berinvestasi secara agresif untuk memperbaiki bisnis kami dan meningkatkan nilai kepada komunitas di dunia," kata Direktur Keuangan Facebook, David Wehner.

Tahun ini, Facebook menargetkan pendapatan iklan digital mencapai USD 36,29 miliar, naik 35% dari tahun lalu. Facebook memakan porsi jatah iklan digital sebanyak 16,2% di dunia. Di belakang Google, yang porsi pendapatan iklannya mencapai 33% di dunia. (wdl/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed