Selasa, 18 Apr 2017 13:50 WIB

Apple Lirik Bisnis Chip Toshiba

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: Ari Saputra/detikINET Ilustrasi. Foto: Ari Saputra/detikINET
Jakarta - Apple tengah mempertimbangkan bekerja sama dengan Foxconn untuk memborong sejumlah saham milik bisnis semikonduktor Toshiba.

Apple dan Foxconn adalah perusahaan ke sekian yang terlibat dalam penjualan bisnis chip flash terbesar kedua di dunia tersebut. Apple kabarnya tertarik untuk mengeluarkan beberapa miliar dolar untuk membeli sekitar 30% saham Toshiba.

Jumlah saham yang akan dibeli ini pun ditentukan agar Toshiba tetap bisa mempunyai saham. Hal ini dilakukan agar pemerintah Jepang tetap tenang, karena ditakutkan jika saham yang dibeli terlalu besar, maka banyak teknologi sensitif yang bisa berpindah tangan ke investor asing, dan hal itu disebut berbahaya bagi keamanan nasional.

Apple dan Foxconn sampai saat ini belum berkomentar soal pembelian saham ini. Begitu juga dengan pihak Toshiba yang masih menutup mulutnya rapat-rapat, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Selasa (18/4/2017).

Foxconn sebelumnya sudah ikut serta dalam proses penjualan bisnis chip Toshiba, dan mereka dianggap sebagai ancaman terhadap keamanan nasional Jepang karena kaitannya dengan China, meski sebenarnya Foxconn berasal dari Taiwan.

Investasi Apple ini disebut dilakukan agar mereka bisa mendapat pasokan komponen chip memori yang stabil. Pasalnya, Toshiba merupakan pembuat chip memori terbesar kedua setelah Samsung. (asj/rns)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed