Kamis, 26 Jan 2017 12:05 WIB

Ini Misi Besar Hugo Barra di Facebook

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Muhammad Alif Goenawan Foto: Muhammad Alif Goenawan
Jakarta - Mantan bos Xiaomi Hugo Barra akhirnya mengungkap kepindahannya dari Xiaomi ke Facebook. Di perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu, Barra akan memimpin tim Oculus.

Dalam postingan di akun Facebooknya, Barra mengaku sangat senang bisa membagikan perjalanan selanjutnya di Silicon Valley. Di Facebook, ia akan menjadi VP of virtual reality, dan juga mempimpin tim pengembang Oculus.

Selanjutnya, Barra juga menceritakan sebuah petuah dari CEO Xiaomi Lei Jun, yang menurutnya sering menyebut kalau tantangan paling menarik bagi seorang engineer adalah bisa membangun sebuah teknologi baru, dan bisa menyebarkannya secara cepat ke banyak orang.

"Dan itu akan menjadi misiku di Facebook, dan aku sudah tak sabar lagi untuk membangun teknologi yang imersif di masa depan bersama Mark Zuckerberg, Brendan Trexler Iribe, Mike Schroepfer dan para tim Oculus yang visioner," tulis Barra di postingannya itu.

Postingan Barra ini dikirim setelah Zuck -- panggilan Zuckerberg -- mengumumkan kedatangan Barra di Facebook untuk memimpin tim virtual reality (VR)-nya.

"Aku senang Hugo Barra bergabung ke Facebook untuk memimpin seluruh upaya virtual reality kami, termasuk tim Oculus kami. Hugo sedang berada di China sekarang, sehingga kami di sini bisa bersama di virtual reality. Cocok sekali," demikian pernyataan Zuck.

Zuck mengaku sudah lama kenal dengan Barra. Yaitu pada saat dia mengembangkan OS Android kala masih menjadi eksekutif di Google.

"Aku sudah kenal lama dengan Barra, dimulai dari saat dia membantu pengembangan OS Android, sampai beberapa tahun di mana dia bekerja di Xiaomi di Beijing dan membawa perangkat inovatif ke jutaan orang," lanjut Zuck.

"Hugo sepakat dengan keyakinanku bahwa virtual dan augmented reality akan menjadi platform komputer besar. Akan memungkinkan kita mengalami hal yang benar-benar baru dan lebih kreatif. Hugo akan membantu membangun masa depan itu dan aku menunggu dia di timku," pungkas Zuck. (asj/fyk)