Yahoo Tak Berganti Nama Jadi Altaba

Yahoo Tak Berganti Nama Jadi Altaba

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Selasa, 10 Jan 2017 12:15 WIB
Foto: Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Pasca diakuisi oleh operator seluler Verizon di Amerika Serikat, nama Yahoo sebagai brand tetap akan dipertahankan meski entitas bisnis lainnya berubah nama menjadi Altaba.

Seperti detikINET kutip dari TheGuardian, Selasa (10/1/2017), ternyata hanya sebagian saja dari entitas Yahoo -- yang tidak dijual ke Verizon -- yang akan berganti nama menjadi Altaba.

Sementara, produk-produk internet dari Yahoo sendiri, seperti mesin pencari, blog, dan aneka layanan online lainnya, bakal terus eksis dan akan tetap memakai nama Yahoo saat sudah berada di bawah kepemilikan Verizon.

Verizon sendiri hanya membeli unit bisnis utama milik Yahoo saja, seperti Yahoo Mail, Yahoo News, Yahoo Finance, dan Yahoo Sports dengan angka USD 4,83 miliar. Sementara sisanya, masih dimiliki oleh pemegang saham Yahoo lainnya.

Nah, sisanya ini yang kemudian berubah nama menjadi Altaba -- yang diambil dari nama 'Alternate' dan 'Alibaba' jika mengacu kepada sebagian kepemilikan Yahoo atas Alibaba.

Unit bisnis Altaba ini masih memiliki aneka aset lain, termasuk saham 16% di raksasa e-commerce Alibaba asal China, saham 36% di Yahoo Japan, cadangan kas, dan portfolio paten yang tidak ikut dibeli oleh Verizon.

Entitas yang tersisa ini tidak memiliki produk dan tidak ada anggota staf karyawan. Namun, entitas ini yang menaungi aset-aset tersebut. Fungsinya tak lebih dari sekadar investment company yang memayungi kepemilikan atas aset-aset tadi.

Dengan kata lain, akuisisi Verizon atas Yahoo membelah perusahaan tersebut menjadi dua entitas, yakni Yahoo berisi unit bisnis yang dibeli Verizon, dan Altaba yang memiliki sisa aset Yahoo.

Saksikan video 20detik di sini:

(rou/rou)