Kamis, 17 Nov 2016 17:36 WIB

Go-Jek Buka Kantor di India, Karya Anak Bangsa atau Bangalore?

Yudhianto - detikInet
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Selain Indonesia, belum lama ini Go-Jek juga telah resmi membuka kantor perwakilannya di India. CEO Go-Jek Nadiem Makarim pun membeberkan alasannya.

Menurut pria lulusan Harvard ini, pembukaan kantor Go-Jek di negeri Hindustan itu erat kaitannya dengan pengembangan layanannya. Pasalnya sebagian dari seluruh programmer Go-Jek ternyata adalah orang-orang India.

Di sisi lain, Chief Technology Officer (CTO) Go-Jek juga kerap menjalin komunikasi dengan developer-devoper India. Sehingga dengan didirikannya kantor Go-Jek di Bengaluru, India, pengembangan layanan ride-sharing ini diharapkan bisa lebih cepat dilakukan.

"Banyak developer Go-Jek yang berasal dari Bangalore. CTO kami juga selalu berhubungan dengan developer India. Tapi kami tetap punya developer Indonesia yang lebih banyak," ujarnya.

Terlepas dari itu, tujuan Go-Jek membuka kantor di India adalah juga untuk mencari bibit-bibit baru developer. Kantor tersebut dijadikan pusat pelatihan untuk ratusan engineer Go-Jek baik dari India sendiri, maupun Indonesia. Adapun di India, Go-Jek teregistrasi sebagai GoProducts Engineering India LLC.

"Kami telah melihat bagaimana kolaborasi dan berbagi pengetahuan antara engineer kami di Indonesia dan India. Hal tersebut telah bantu mempercepat inovasi produk, data mining dan meningkatkan pengalaman konsumen di Go-Jek," kata Nadiem.

Tapi ini bukan pertama kalinya Go-Jek menjejakkan kakinya di India. Pada September 2016, Go-Jek dilaporkan telah meminang Pianta, perusahaan yang bergerak pada home healthcare. Akuisisi ini untuk memuluskan rencana Go-Jek untuk menghadirkan layanan Go-Med.

Akuisisi selanjutnya dilakukan terhadap C42 dan CodeIgnition. Akusisi tersebut ditengarai guna mengatasi masalah teknis yang kerap merundung aplikasi Go-Jek. Selain itu juga sebagai upaya untuk makin memperkuat sistem Go-Jek seiring kian banyaknya layanan yang dihadirkan.

Adapun yang paling terakhir adalah pinangannya pada Leftshift Technologies Pvt. Ltd. (yud/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed