Industri Konstruksi Jadi Lahan Baru SAP

Industri Konstruksi Jadi Lahan Baru SAP

ADVERTISEMENT

Industri Konstruksi Jadi Lahan Baru SAP

Yudhianto - detikInet
Sabtu, 05 Nov 2016 15:59 WIB
Foto: SAP
Jakarta - Penyedia solusi SAP kian memperluas cakupan indutri yang didukungnya. Perusahaan ini resmi menggaet Acset, anak usaha Astra International yang bergerak di jasa konstruksi.

Dalam kerjasamanya itu, SAP membenamkan S/4HANA Enterprise Management Cloud Private Option. Solusi ini berjalan di SAP HANA Enterprise Cloud (HEC). Penggunaan solusi ini diklaim mampu merampingkan proses organisasi dan memfasilitasi pengiriman data secara real-time dari lokasi-lokasi proyek untuk integrasi proses bisnis perusahaan.

S/4HANA Enterprise Management Cloud Private Option mencakup seluruh bagian perusahaan untuk proses bisnis inti, seperti akuntansi, pengontrolan, manajemen material dan perencanaan produksi.

Dikombinasikan dengan basis sistem SAP HANA Enterprise Cloud, solusi tersebut akan memungkinkan skalabilitas untuk memenuhi pertumbuhan bisnis pelanggan. Selain itu akan dikelola dengan memanfaatkan praktik proses bisnis terbaik. Meliputi bidang-bidang krusial seperti keuangan dan akuntansi, pengadaan barang, manajemen proyek, dan manajemen hubungan dengan pelanggan.

"Dengan memanfaatkan keahlian dan solusi cloud SAP yang ternama dan implementasi oleh PT Eclectic Consulting, kami berharap bahwa proses operasional Acset akan menjadi lebih sederhana lagi. Upaya ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi cloud terbaru kami, SAP HANA Enterprise Cloud, untuk mendukung pertumbuhan Acset dalam memungkinkan pengiriman data real-time dan mengurangi inefisiensi dalam mengelola proyek-proyek konstruksi," jelas Megawaty Khie, Vice President dan Managing Director SAP Indonesia.

SAP HANA sendiri adalah platform database dan aplikasi dengan memori internal, yang berhasil mengubah perhitungan bisnis jangka panjang ke dalam proses secara real-time. Hal ini diyakini mampu mendorong kolaborasi dan pertukaran informasi real-time yang lebih baik dalam organisasi dan membantu manajemen proyek yang lebih efektif.

Di sisi Acset, penggunaan solusi SAP diklaim telah membantu pengelolaan kendala-kendala bisnis atas kontrol anggaran dan pertumbuhan pendapatan dalam proyek, kurangnya pelacakan dan ketiadaan sistem pengawasan atas tingkat persediaan di seluruh rantai pasokan.

"Sebagai perusahaan jasa konstruksi terkemuka di Indonesia, Acset berkomitmen untuk menyediakan jasa konstruksi kelas dunia untuk semua pelanggan kami. Namun, hal tersebut adalah tantangan besar tanpa adanya suatu sistem informasi yang terintegrasi," kata Nilawati Irjani, Direktur PT Acset Indonusa Tbk. (yud/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT