Melongok 'Anak dari Perkawinan' Dell-EMC

Melongok 'Anak dari Perkawinan' Dell-EMC

ADVERTISEMENT

Laporan dari Austin

Melongok 'Anak dari Perkawinan' Dell-EMC

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Jumat, 21 Okt 2016 07:19 WIB
Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II
Austin, Texas - Dell langsung menggebrak setelah enam pekan resmi mengakuisisi EMC. Apa saja produk yang jadi andalan dari hasil perkawinan dua raksasa di jagat teknologi itu? Simak liputannya!

Dalam ajang tahunan yang kini berganti nama Dell EMC World 2016, di Austin, Texas, Amerika Serikat, acara 'pesta perkawinan' itu mengangkat tajuk 'Let The Transformation Begin'.

Pendiri sekaligus CEO Dell Technologies Michael Dell bersama para petingginya pun secara estafet memperkenalkan produk-produk teknologi yang jadi andalan mereka pasca merger akuisisi EMC.

Dalam keynote, mayoritas produk yang dipresentasikan merupakan segmen untuk kalangan enterprise, mulai dari server, teknologi penyimpanan data, teknologi virtualisasi, teknologi keamanan komputer, dan software komputasi awan.

"Kami sangat sibuk belakangan ini. Namun saya sangat bangga dengan tim kami. Hanya dalam waktu enam minggu setelah resmi bergabung, kami sudah bisa menghasilkan begitu banyak solusi dengan inovasi gabungan dari Dell, EMC dan VMware bersama-sama," ujar Michael.

Melongok 'Anak dari Perkawinan' Dell-EMCFoto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II


Adapun solusi dan inovasi yang diumumkan, antara lain, integrasi VxRail Appliances dan VxRack System 1000 Hyper-Converged Infrastructure (HCI) dengan server Dell Power Edge; Analytic Insights Module; dan OpenScale Payment Solutions dari Dell Financial Services.

Dell EMC juga memperluas portofolio VxRail dan VxRack hyper-converged infrastructure (HCI) dengan mengintegrasikannya ke server Dell PowerEdge. VxRail dan VxRack sendiri telah dikembangkan oleh EMC, sebelum perusahaan itu diakuisisi oleh Dell tahun lalu.

"VxRail Applieances dengan server PowerEdge meningkatkan fleksibilitas hardware dan menawarkan skalabilitas yang lebih rinci, kinerja CPU 40% lebih baik untuk harga yang sama, dan lower entry price yang lebih rendah 25% hingga di bawah USD45.000," papar David Goulden, President Dell EMC.

Sementara VxRack System 1000 yang terintegrasi dengan server PowerEdge menawarkan kapasitas hingga 2,5 kali lipat, dan 40% performa CPU yang lebih baik dengan harga yang sama.

Sebelum merger, sistem VxRail dan VxRack menggunakan server dari Quanta. Perusahaan juga tetap akan menawarkan penggunaan sistem Quanta bagi para pelanggan yang mungkin masih menginginkannya.

Melongok 'Anak dari Perkawinan' Dell-EMCFoto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II


Big Data

Di saat bersamaan, kolaborasi Dell EMC juga meluncurkan platform baru untuk mempercepat pemrosesan big data analytics dan pengembangan aplikasi cloud-native.

Michael dengan bangga mengklaim, platform Dell EMC Analytic Insights Module akan membantu pelanggannya memperoleh informasi yang dapat ditindaklanjuti dan diintegrasikan ke dalam aplikasi.

"Platform ini juga memungkinkan pencarian pengumpulan, dan analisis sumber data secara cepat di dalam perusahaan atau di cloud," ucap Dell masih dalam panggung yang sama.

Sementara Peter Cutts, Senior Vice President Dell EMC mengatakan, pihaknya mengembangkan Analytic Insight Module untuk memungkinkan pelanggan beralih dari kegiatan mengembangkan dan memelihara infrastruktur untuk menciptakan aplikasi cerdas yang mengubah bisnis mereka.

"Analytic Insights Module mendukung kerja sama antara bisnis dan IT. Platform tersebut dapat menghadirkan insight, sumber data, alat, ataupun melakukan pengawasan oleh eksekutif, data analis, pengembang aplikasi, dan tim IT," urainya.

Melongok 'Anak dari Perkawinan' Dell-EMCFoto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II


Menurutnya, banyak organisasi yang kesulitan untuk mendapatkan business value dari data mereka. Analis data biasanya menghabiskan hingga 80 persen dari waktu mereka mempersiapkan data, sebelum mereka fokus pada analisis.

Selain itu, banyak karyawan perusahaan yang memiliki akses terhadap data yang semestinya tidak diperbolehkan, sehingga berisiko bagi keamanan perusahaan. "Platform dari Dell EMC membantu mengatasi tantangan ini," tandas Peter. (rou/ash)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT